Kelola Rp20,6 Triliun, LPDP Hanya Beri Beasiswa ke 5.000 Orang

    Suci Sedya Utami - 02 Februari 2016 08:08 WIB
    Kelola Rp20,6 Triliun, LPDP Hanya Beri Beasiswa ke 5.000 Orang
    Menkeu Bambang Brodjonegoro saat memberikan sambutan LPDP. (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)



    medcom.id, Jakarta: Tahun ini Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah lingkup Kementerian Keuangan siap memberikan beasiswa bagi 5.000 orang yang melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

    Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini, LPDP mengelola dana sebesar Rp20,6 triliun. Nantinya, dana tersebut dibakal diinvestasikan. Bagi hasil atau return dari investasi tersebutlah yang nantinya digunakan untuk membiayai pendidikan para penerima beasiswa. Return tersebut juga sangat tergantung dari pergerakan rupiah terhadap dolar.

     



    "Return itu tergantung dolar, kalau dolarnya misal Rp10.000 kita bisa berangkatkan 10.000 orang. Tapi dengan dolar seperti sekarang ini (yang sedang naik) kita hanya memberangkatkan 5.000 orang," kata Bambang, ditemui dalam acara Welcoming Alumni LPDP, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2016) malam.

    Sementara itu, Direktur LPDP Eko Prasetyo mengatakan, jumlah peserta LPDP yang diberangkatkan setiap tahunnya sebelumnya sebanyak 4.000 orang. Tahun ini alumni LPDP yang kembali ke İndonesia sebanyak 434 orang, di mana 363 orang merupakan alumni LPDP yang belajar di luar negeri.

    "Dari jumlah tersebut sebanyak 228 orang kuliah di Inggris, 47 orang di Belanda, 31 orang di Australia, 21 orang di Amerika Serikat, 11 orang di Jepang dan sisanya 71 orang di dalam negeri," jelas dia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id