Mendag Minta RI Waspadai Proteksionisme Negara Lain

    Desi Angriani - 23 Agustus 2017 14:59 WIB
    Mendag Minta RI Waspadai Proteksionisme Negara Lain
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (ANT/Widodo S. Jusuf).
    medcom.id, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menilai jika banyak negara di dunia mulai menerapkan kebijakan proteksionisme. Apalagi setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan jika dirinya akan mengedepankan kepentingan negara tersebut.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, kebijakan itu banyak diikuti oleh negara lain. Karenanya Indonesia perlu berhati-hati apalagi kinerja perdagangan Indonesia dalam kondisi baik dengan mencatatkan surplus.

    "Nilai ekspor kita naik, impor meskipun meningkat tapi itu didominasi oleh impor bahan baku. Tapi saya mau mengajak kita jangan terlena dengan ini, karena persaingan demikian ketat," kata dia di Gedung Kemendag, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu 23 Agustus 2017.

    Dirinya menambahkan, kondisi ini membuat negara-negara termasuk negara maju dan berkembang melakukan kebijakan proteksionisme. Meskipun di era perdagangan bebas seperti sekarang ini, negara tetap berlomba-lomba agar produknya bisa diterima negara lain.

    "Kalau mau disebut waktu pemerintahan Trump saja, tapi ini sudah hampir semuanya. Meskipun mereka secara formal mengatakan mereka menganut perdagangan bebas, perdagangan lintas batas," jelas dia.

    Salah satu yang terbaru adalah kebijakan India yang menaikan bea masuk minyak kelapa sawit (crude palm oil) asal Indonesia hingga 100 persen. Selain itu ekspor CPO ke Rusia juga mengalami penurunan pangsa pasar (market share) meskipun ekspornya naik.

    "Kalau ini didiamkan akan terjadi pergeseran market share, dan ini jadi ancaman kalau kita business as usual, tidak peka dan tidak himpun berbagai informasi apa yang terjadi dan mengambil langkah untuk mengatasi ini semua," pungkasnya.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id