Tiga Strategi BI Kembangkan Ekonomi Syariah - Medcom

    Tiga Strategi BI Kembangkan Ekonomi Syariah

    Nia Deviyana - 17 Oktober 2019 17:54 WIB
    Tiga Strategi BI Kembangkan Ekonomi Syariah
    Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Kepala Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Suhaedi mengatakan pihaknya mendukung pengembangan ekonomi syariah (eksyar) dalam strategi bauran kebijakan bank sentral. BI telah menyusun cetak biru (blueprint) pengembangan eksyar yang menjadi acuan kebijakan dan strategi yang terbagi menjadi tiga bagian.

    Strategi pertama, yakni mengembangkan halal value chain. Halal value chain ditujukan untuk mendukung penciptaan high quality-local product.

    "Halal value chain diharapkan turut menyumbang perbaikan neraca perdagangan Indonesia melalui peningkatan ekspor ataupun subtitusi impor," ujarnya dalam Bincang Bersama Media (BBM) di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Strategi kedua, yakni pendalaman pasar keuangan syariah melalui peningkatan manajemen likuiditas di keuangan syariah dengan mendorong pembiayaan syariah bagi sektor riil.

    "Pembiayaan syariah ini bersumber baik dari sektor keuangan komersial maupun sosial syariah, dan integrasi keduanya untuk mendukung aktivitas usaha ekonomi syariah yang inklusif," tutur Suhaedi.

    Ketiga, penguatan riset dan edukasi yang ditujukan untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi eksyar.

    "BI akan senantiasa mendukung pengembangan eksyar di Indonesia sehingga dapat menjadi daya dorong yang optimal untuk mendukung perwujudan ekonomi nasional yang lebih adil dan merata, sejalan dengan harapan menjadikan Indonesia sebagai global key player dalam berbagai sektor industri halal," harapnya.

    Untuk menguatkan peran serta literasi eksyar, Bank Indonesia bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-6 pada 12-17 November 2019.

    ISEF 2019 yang mengusung tema Sharia Economy for Stronger and Sustainable Growth masuk menjadi bagian agenda event ekonomi syariah dunia sepanjang 2019, bersanding dengan event internasional dari berbagai negara antara lain Malaysia International Halal Showcase (MIHAS), Global Islamic Economy Singapore (GIES), Halal Trade Expo Korea, London Sukuk Summit, dan Washington DC Halal Expo & Summit 2019.

    "ISEF merupakan event tahunan terbesar di Indonesia yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor eksyar. Dalam perjalanannya, ISEF berevolusi dari kegiatan yang sebelumnya berskala nasional menjadi kegiatan berskala internasional pada 2019," pungkas Suhaedi.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id