Wakil Presiden Resmikan Proyek Air Minum Umbulan Pasuruan

    Antara, Fauzan Hilal - 20 Juli 2017 13:00 WIB
    Wakil Presiden Resmikan Proyek Air Minum Umbulan Pasuruan
    Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/Panca Syurkani.
    medcom.id, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan pembangunan konstruksi proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.
     
    Pekerjaan SPAM yang menelan anggaran Rp 2,05 triliun itu merupakan proyek daerah pertama yang dibiayai swasta. Meskipun dikerjakan swasta, namun proyek ini dijamin oleh negara melalui pembiayaan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).
     
    "Proyek ini betul-betul luar biasa karena lamanya prosesnya, dari segi pendanaan cukup besar tapi dibandingkan dengan jalan tol atau LRT di Jakarta itu hanya setengahnya saja, tetapi prosesnnya cukup panjang, karena menyesuaikan beberapa kepentingan yang ada," Kata Kalla dikutip dari Antara, Kamis 20 Juli 2017.

    Baca: Jatim, Pelopor Provinsi Pertama Terapkan KPBU Berbasis Daerah

    Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, proses pembangunan ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pertengahan 2019. SPAM Umbulan direncanakan mampu memproduksi air minum sebanyak 4 ribu liter per detik.
     
    Air disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km. Air minum tersebut dikelola Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur dan disalurkan ke 5 PDAM kabupaten dan kota.
     
    SPAM Umbulan merupakan Proyek Strategis Nasional sekaligus Proyek Prioritas. Instalasi pengolahan air minum ini telah dirintis selama 40 tahun dan baru berhasil dieksekusi pada tahun ketiga pemerintahan Jokowi-JK.    
     
    "PT PII sebagai single window policy penyediaan penjaminan pemerintah telah memberikan penjaminan sekaligus paduan kepada Pemerintah Daerah untuk bekerjasama denganpihak swasta," kata Direktur Utama PT PII Sinthya Roesly.

    Baca: Mangkrak 40 Tahun, PII Berikan Jaminan Proyek SPAM Umbulan Rp2,1 Triliun

    Sinthya menambahkan, PT PII mengapresiasi Pemprov Jawa Timur sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK), PT Meta Adhya Tirta Umbulan selaku Badan Usaha. Proyek ini terlaksana juga berkat dukungan dari , Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, IIF, dan PT SMI.
     
    "Setelah penandatanganan Perjanjian Penjaminan, Perjanjian Regres, dan Financial Close pada tahun 2016 lalu, akhirnya proyek yang telah 40 tahun direncanakan ini bisa dieksekusi," kata Sinthya.
     
    Proyek ini bertujuan melayani 1,3 juta masyarakat di  lima wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.
     
    Proyek SPAM Umbulan ini dikategorikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum dalam Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis.
     



    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id