comscore

Tiga BUMN Belum Ajukan Impor Daging Sapi Brasil

Nia Deviyana - 16 September 2019 15:18 WIB
Tiga BUMN Belum Ajukan Impor Daging Sapi Brasil
Ilustrasi. Foto : MI/Kristiadi.
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku belum menerima surat pengajuan impor dari tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan melakukan impor daging sapi dari Brasil.

Ketiganya yakni Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) yang ditugaskan mengimpor sebanyak 30 ribu ton, PT Berdikari sebanyak 10 ribu ton, dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebanyak 10 ribu ton.
"Sampai saat ini belum ada yang izin ke kami, mungkin harus urus persyaratan untuk rekomendasi," ujar Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana di kantor Kemendag, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

Rapat Koodinasi Terbatas (rakortas) Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan akan ada impor daging sapi dari Brasil sebanyak 50 ribu ton pada tahun ini.

"Sebanyak 20 ribu ton dari 30 ribu ton yang diamanatkan kepada Bulog merupakan realokasi dari jatah impor daging kerbau India," imbuhnya.

Kuota tersebut untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Indonesia hingga akhir tahun sebagai upaya agar harganya stabil.

"Tujuannya untuk pemenuhan daging dalam negeri karena harganya masih tinggi," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menolak anggapan bahwa impor dari Brasil sebagai buntut kemenangan gugatan ekspor ayam atas Indonesia dalam Badan Penyelesaian Sengketa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Brasil dipilih sebagai alternatif setelah selama ini impor daging sapi dilakukan dari Australia.

"Itu dari awal, Brasil meminta dan bagus saja supaya kita jangan tergantung dari satu negara lah. Kalau kita hanya tergantung sama Australia, kita akan didikte sama Australia," kata dia, belum lama ini.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id