Melemah 0,3 Poin, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

    Desi Angriani - 04 Oktober 2019 20:11 WIB
    Melemah 0,3 Poin, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin.
    Jakarta: Bank Indonesia mencatat optimisme konsumen tetap terjaga meski merosot 0,3 poin. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2019 sebesar 121,8 atau berada di atas 100.

    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan optimisme tersebut ditopang oleh persepsi yang tetap positif terhadap kondisi ekonomi serta meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang.

    "Survei keyakinan konsumen September 2019 mengindikasikan konsumen tetap optimistis terlihat dari IKK pada September di level 121,8," kata Perry di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Menurutnya persepsi konsumen yang tetap positif karena meningkatnya keyakinan terhadap kondisi penghasilan. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang meningkat terutama didorong oleh membaiknya ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.

    "Dan optimisme konsumen didukung oleh persepsi positif terhadap kondisi saat ini dan kondisi ke depan. Kemudian terkait ekpektasi penghasilan ke depan," ungkap dia.

    Perry menambahkan hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang relatif stabil. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga enam bulan yang akan datang sebesar 170,6, relatif stabil dari 170,0 pada bulan sebelumnya.

    "Relatif stabilnya tekanan harga tersebut didukung oleh terkendalinya harga barang di sebagian besar wilayah," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id