comscore

Tren Pinjaman Uang Online Apakah Masih Booming pada 2020? Mari Simak Alasannya

M Studio - 23 Desember 2019 21:04 WIB
Tren Pinjaman Uang Online Apakah Masih Booming pada 2020? Mari Simak Alasannya
Antusiasme masyarakat terhadap fintech sangat besar (Foto:Dok.Kredivo)
Jakarta: Bicara soal layanan keuangan yang sudah banyak beralih ke digital, akhir-akhir ini memang banyak sekali fintech yang bermunculan dan menawarkan layanan keuangan mulai dari dompet digital, investasi, kredit online sampai pinjaman uang online. Seakan-akan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dalam urusan layanan keuangan yang selama ini terkesan ribet.

2019 bisa dibilang tahun yang subur untuk fintech. Hingga saat ini, data OJK pada Oktober 2019 menyatakan bahwa terdapat hampir 16 juta pengguna fintech lending di Indonesia, dengan jumlah akumulasi penyaluran pinjaman yang dikucurkan oleh fintech mencapai 68 triliun rupiah atau meningkat 200 persen dibanding dengan bulan Desember 2018. Bisa dilihat bahwa antusiasme masyarakat terhadap layanan keuangan digital ini sangat besar.
Bagaimana pada tahun 2020 nanti? 144 lembaga fintech yang terdaftar oleh OJK pasti berlomba-lomba untuk tetap menjadikan fintech sebagai tren keuangan pada tahun depan. Banyaknya kelebihan yang dimiliki fintech pada saat ini bisa menjadi alasan yang kuat untuk terus mendukung fintech menjadi tren di tengah-tengah masyarakat. Apa saja kelebihan itu? Mari kita simak penjelasan berikut.


Senjata utama: cepat, mudah dan praktis


Inilah yang menjadi perbedaan yang bisa dibilang signifikan dengan bank atau pinjaman konvensional lainnya. Bila di bank konvensional kita harus membawa dokumen dan pergi ke cabang bank tersebut untuk melakukan transaksi, pendaftaran tabungan, mengajukan kredit dan lain sebagainya. Namun berbeda dengan fintech, seseorang bisa menghemat banyak waktu karena proses pendaftarannya yang tidak memakan waktu lama, dan cukup menggunakan smartphone saja.

Pelayanan dan fitur yang cepat, mudah dan praktis inilah yang menjadi senjata utama para pelaku fintech untuk terus memberikan layanan yang terbaik untuk para nasabah. Namun fitur cepat, mudah dan praktis ini hanya sebatas pada pendaftaran saja? Tentu saja tidak, pengajuan kredit yang tinggal klik dan pinjaman uang tunai yang diberikan hanya dalam hitungan menit juga memberikan kepuasan tersendiri bagi para nasabah.

Fitur kecepatan ini juga yang dimaksimalkan oleh Kredivo. Sebagai lembaga pinjaman uang yang tepercaya dan sudah bekerja sama dengan 250 lebih merchant, bekerja sama dengan Tokopedia meluncurkan fitur 0-click (zero click). Inovasi Zero-Click Checkout ini merupakan kelanjutan dari inovasi serupa yang Kredivo pernah luncurkan yakni checkout 2-klik. Saat proses checkout, pengguna hanya perlu memilih metode pembayaran Kredivo dan barang yang diinginkan akan terbayar dalam sekejap menggunakan kredensial yang sudah disimpan.

Wah, sangat cepat dan instan sekali bukan? Apakah tren super cepat yang sudah dikeluarkan oleh Kredivo ini akan diikuti oleh para pay later atau pinjaman online lainnya? Kita tunggu pada 2020 nanti.


Fintech Dapat Menjangkau Berbagai Kalangan


Fintech terbukti mampu menjangkau berbagai macam kalangan mulai dari kalangan kelas atas, milenial yang tidak bisa mendapatkan akses kredit hingga pengusaha mikro atau UMKM yang sudah mulai digeluti para pengusaha muda.

Permasalahan kalangan kelas menengah hingga ke bawah adalah ketika berhadapan dengan layanan keuangan, ada syarat-syarat mutlak yang sekiranya harus dipenuhi agar bisa mendapatkan pinjaman, tabungan atau produk keuangan lainnya. Berbeda dengan fintech, hanya bermodalkan KTP dan handphone, kini masyarakat sudah bisa mempunyai tabungan sampai pinjaman uang.

Kredivo sendiri sudah menjangkau 17 kota yaitu Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makasar, Yogyakarta, Solo, Cirebon dan Sukabumi dari total 34 kota yang sudah terjangkau fintech di seluruh indonesia. Apabila 2020 penyebaran fintech lebih luas lagi, bisa diprediksikan kalau fintech bisa menjadi andalan dalam urusan pinjaman atau kredit online.


Promo yang Diberikan


Salah satu cara sebuah perusahaan untuk menggaet pelanggan baru adalah dengan memberikan promo. Cara ini diharapkan bisa mengubah keputusan orang untuk  untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa secara lebih cepat dan atau lebih besar lagi.

Perang promo yang terjadi pada fintech lending atau pinjaman online memang tidak sebesar fintech yang berbasis dompet digital, dimana setiap harinya pasti ada diskon besar-besaran yang diberikan oleh para fintech. Tetapi, promo yang diberikan oleh para lembaga pinjaman online juga tak kalah menarik. Seperti promo yang diberikan Kredivo pada tahun 2019, yaitu Ngabuburit online diskon hingga Rp200.000 dan SALEamatan diskon cicilan hingga Rp2 juta yang menghibur nasabah.

Ditambah lagi Kredivo sudah mengumumkan bahwa perusahaan ini telah meraih pendanaan Seri C senilai USD90 juta (lebih dari Rp1,2 triliun) yang dipimpin Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund dan Square Peg pada akhir tahun 2019 kemarin. Dari dana segar yang didapat, diprediksikan Kredivo akan memberikan banyak promo menarik di tahun 2020 dari berbagai macam merchant seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Tiket.com, Reddoorz, Pegipegi dan 200 lebih merchant lainnya. 

Nah, itulah alasan mengapa pinjaman uang online masih booming pada tahun 2020 nanti. Masih berencana untuk mendaftar pinjaman uang online? Enggak usah ragu, pilih saja Kredivo karena masih banyak kejutan yang akan diberikan di tahun 2020 nanti. Langsung download saja aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Gak bakal rugi kalau pilih Kredivo!


(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id