Penguatan Tol Laut Mampu Tekan Disparitas

    Ilham wibowo - 12 April 2019 19:34 WIB
    Penguatan Tol Laut Mampu Tekan Disparitas
    Suasana diskusi penguatan tol laut. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)



    Jakarta: Implementasi program tol laut dinilai membawa dampak signifikan untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi. Angkutan bahan pokok dari wilayah pemasok kini bisa disalurkan lebih cepat ke berbagai pelosok di Tanah Air.

    Direktur Usaha Angkutan Kargo dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Harry Budiarto mengatakan tol laut telah diimplementasikan melalui program kontainer masuk desa yang ditandai dengan pengiriman perdana tiga ton beras yang diangkut kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara II. Tujuan pengiriman dilakukan hingga ke desa-desa di kecamatan Essang Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara dari Surabaya, Jawa Timur.

     



    "Tiga per empat wilayah kita laut dan kepulauan terbesar, kehadiran tol laut sudah benar dan harus kita angkat terus," kata Harry dalam acara bedah buku bertajuk 'Memadu Tol Darat dan Laut Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif', di Kawasan Menteng, Jakarta, Jumat, 12 April 2019.

    Angkutan tol laut cukup menggugah ketertarikan dunia usaha. Program kontainer masuk desa dapat memastikan ketersediaan berbagai bahan pokok dan penting di wilayah desa yang selama ini belum maksimal.

    "Kami sangat merasakan bahwa manfaatnya begitu besar harga yang diterima di wilayah tujuan itu adalah harga dari kota-kota besar dan sekarang bisa langsung," ungkap Harry.

    Dia berharap program tol bisa berjalan tanpa perlu mengurangi anggaran yang disediakan pemerintah. Program tol laut ini hadir sebagai pemicu pertumbuhan industri jasa di bidang distribusi logistik.

    "Pengalaman kami melakukan ini pertama kali memang banyak pro kontra tapi kontranya kemudian mulai sedikit karena sudah dirasakan masyarakat dengan harga kebutuhan bahan pokok yang dianggap wajar," ujarnya.

    Akademisi dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) Saut Gurning mengatakan kehadiran tol laut perlu berkelanjutan. Selain itu, dibutuhkan dukungan pula dari dunia usaha maupun pemerintah daerah agar pertumbuhan ekonomi bisa kian merata.

    "Keberadaan tol laut sangat berperan mengurangi disparitas harga secara langsung," ucapnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id