Tiga Strategi OJK Gaet Investor Asing

    Nia Deviyana - 18 April 2019 20:01 WIB
    Tiga Strategi OJK Gaet Investor Asing
    Ketua OJK Wimboh Santoso. Dok;IST.
    London: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyusun tiga strategi agar investor asing turut berperan aktif dalam membangun pasar modal Indonesia. Hal tersebut dikatakan Ketua OJK Wimboh Santoso saat menjadi pembicara di Indonesia Executive Forum 2019 di London, Inggris.

    Langkah pertama, kata Wimboh, dengan mendorong penerbitan instrumen pasar modal yang memperhatikan aspek lingkungan dan sosial. 

    "Seperti Green Bonds atau Green Sukuk dengan total issuance hampir mencapai USD4 miliar," ujarnya dalam forum tersebut, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 18 April 2019.

    Kedua adalah dengan menfasilitasi pembiayaan 31 proyek pembangunan infrastruktur melalui skema Blended Finance dengan total nilai hampir USD2,5 miliar.

    "Ketiga, dengan merealisasikan potensi penerbitan muncipal bonds dengan nilai mencapai USD8,7 miliar di kurang lebih 10 provinsi di Indonesia," terangnya.

    Pada kesempatan yang sama, Wimboh menyampaikan gambaran perekonomian Indonesia tertinggi ketiga di antara negara-negara G20, setelah India dan Tiongkok.
     
    "Indonesia mampu tumbuh di angka 5,17 persen secara tahunan atau year on year (yoy) pada 2018. Ini membuktikan bahwa Indonesia memilki fundamental ekonomi makro yang solid. Indonesia mampu keluar dari tekanan dinamika global, mulai dari normalisasi suku bunga dan tensi perang dagang AS Tiongkok," paparnya.
     
    Wimboh menjabarkan nilai tukar rupiah terpantau stabil di awal 2019. Disusul kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terus meningkat bersamaan dengan masuknya modal asing.
     
    "Tingkat inflasi Indonesia juga stabil dan cukup rendah di mana inflasi Maret 2019 berada di level 2,48 persen," pungkasnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id