Stok Rendah Dorong Kenaikan Harga CPO

    Antara - 12 Februari 2020 14:53 WIB
    Stok Rendah Dorong Kenaikan Harga CPO
    Kelapa Sawit. Foto : AFP.
    Medan: Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oi/CPO) di Indonesia mulai meningkat lagi menjadi Rp8.700 per kilogram (kg) setelah stok berkurang di tengah produksi Tandan Buah Segar (TBS) yang masih rendah.

    "Sebelumnya harga sempat turun tinggal Rp8.400 per kg. Bahkan di beberapa daerah, harganya lebih rendah dari Januari 2020," ujar Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun di Medan, Sumatra Utara, dikutip dari Antara, Rabu, 12 Februari 2020.

    Harga CPO yang melemah juga terjadi di Rotterdam dan Malaysia, serta juga di pasar lokal. Dia menjelaskan harga CPO di pasar internasional dipengaruhi kuat antara permintaan dan tingkat produksi.

    Derom menyebutkan masih ada sejumlah kontrak ekspor CPO pada Januari yang belum dikapalkan. "DMSI berharap, kontrak-kontrak itu berjalan terus tanpa ada pembatalan pasca-gangguan perdagangan baik di Tiongkok, Amerika Serikat, dan Uni Eropa," ujar Derom.

    Meskipun demikian, lanjut dia, ada prediksi masih akan terjadi penurunan permintaan dari Tiongkok, karena dampak virus korona dan kemungkinan kembalinya negara itu mengimpor minyak nabati dari AS menyusul adanya perjanjian baru antar kedua negara.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id