Perbedaan Ibu Kota Baru Bakal Terlihat dari Sistem Transportasi

    Annisa ayu artanti - 15 Januari 2020 16:46 WIB
    Perbedaan Ibu Kota Baru Bakal Terlihat dari Sistem Transportasi
    Presiden Joko Widodo saat wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Kepresidenan Bogor. Dok.Istana Kepresidenan.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggambarkan pemindahan ibu kota baru dari DKI Jakarta ke Kalimantar Timur bukan semata-mata pemindahan fisik, melainkan pemindahaan pola pikir.

    "Saya ingin menyampaikan pindahnya ibu kota bukan pindahnya lokasi atau memindahkan gedung kementerian. Kita gagas perpindahan mindset, perpindahan pola kerja, kultur kerja, kita install sistem sehingga orang mengikuti sistem itu," kata Jokowi saat menghadiri pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022 di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

    Jokowi menjelaskan, pemindahan pola pikir akan terlihat dari wajah ibu kota baru, yang akan berbeda dengan yang ada saat ini.

    Salah satunya adalah sistem transportasi kota. Transportasi di ibu kota baru akan menggunakan sistem transportasi masal autonomous yaitu Autonomous Rail Rapid Transit (ART). ART akan menjadi transportasi masal yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar listrik.

    "Kita ingin membangun misalnya transportasi, di sana transportasi umum adalah autonomous," ucap dia.

    Tak hanya itu, pola pikir untuk kehidupan di masa mendatang di ibu kota baru juga bakal diterapkan dengan penerapan bahan bakar listrik disetiap mobil-mobil pribadi.

    "Mobil-mobil pribadi juga autonomous dan electric vehicles dan saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massal, mobil pribadi memakai electric vehicle dan autonomous vehicle. Sistemnya semua kita bangun, sehingga semua efisien dan murah," ujarnya.

    Ia berharap para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung rencana tersebut agar dapat terealisasi.

    "Saya berharap dukungan penuh HIPMI dalam rangka pemindahan ibu kota baru," tukasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id