Garuda Indonesia akan Terbitkan Global Sukuk untuk Bayar Utang

    Annisa ayu artanti - 18 Desember 2019 16:38 WIB
    Garuda Indonesia akan Terbitkan Global Sukuk untuk Bayar Utang
    Ilustrasi. FOTO: MI/PANCA SYURKANI
    Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk berencana mencari pendanaan melalui penerbitan global sukuk dan instrumen lainnya untuk menutup utang yang jatuh tempo. Paling tidak, maskapai BUMN itu harus mencari dana segar sebesar USD900 juta atau sekitar Rp12,6 triliun (kurs Rp14 ribu per USD).

    Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 18 Desember 2019 yang disampaikan perusahaan bahwa Garuda Indonesia memiliki hutang yang jatuh tempo dalam satu tahun sebesar USD1,636 juta dan hutang yang jatuh tempo di atas satu tahun sebesar USD77 juta.

    Oleh karena itu, perusahaan berencana menerbitkan global sukuk dan instrumen keuangan lainnya untuk melunasi sebagian maupun seluruhnya atas hutang perseroan tersebut.

    Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, perusahaan memiliki tiga jenis rencana transaksi dengan besaran maksimum sebesar USD900 juta.

    Pertama, renccana penerbitan global sukuk. Perusahaan berencana menerbitkan global sukuk yang akan dilakukan melalui suatu penawaran internasional.

    Adapun rencana penerbitan global sukuk tersebut maksimum sebesar USD750 juta yang akan dilakukan melalui perusahaan penerbit luar negeri. Penerbitan ini dijadwalkan jatu tempo pada 2024 mendatang.

    Selain melalui global sukuk, rencana kedua adalah melakukan pendanaan melalui private placement dengan jumlah sebanyak-banyaknya USD750 juta. Instrumen ini akan jatuh tempo selambat-lambatnya pada 2024.

    Kemudian ketiga, maskapai pelat merah ini juga berencana akan menggunakan skema peer to peer lending dengan nilai USD500 juta. Dengan opsi ini perusahaan akan membayar bunga setiap tiga bulan sekali.

    Atas beberapa rencana tersebut, manajemen meminta restu pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) akan berlangsung pada 22 Januari 2019 mendatang.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id