Strategi BTN Jaga Permodalan

    Rizkie Fauzian - 05 Oktober 2019 11:05 WIB
    Strategi BTN Jaga Permodalan
    Direktur BTN Nixon LP Napitupulu (ketiga dari kiri). Foto: Medcom.id/Rizkie Fauzian
    Yogyakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) atau BTN menyiapkan sejumlah aksi korporasi demi menjaga struktur permodalan. Aksi itu mulai dari menerbitkan surat utang berupa subdebt pada akhir 2019, sekuritisasi aset, pendirian anak usaha, hingga rights issue pada 2020.

    Direktur BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan untuk memenuhi retrospektif modal di awal 2020 direncanakan aksi permodalan melalui subdebt di 2019 sebesar Rp3 triliun hingga Rp5 triliun yang dilakukan melalui junior global bond dan pinjaman subordinasi.

    Untuk pinjaman subordinasi direncanakan dilakukan bersama dengan PT Sarana Multigriya Finance (SMF) sebesar Rp3 triliun dengan jangka waktu lima hingga tujuh tahun.

    "Aksi permodalan melalui subdebt diperlukan untuk melanjutkan kontribusi BTN pada Program Sejuta Rumah dan tambahan likuiditas di saat kondisi likuditas ketat perbankan masih berlanjut," jelasnya, saat Media Gathering BTN di Yogyakarta, Jumat malam, 4 Oktober 2019.

    Sedangkan untuk rencana sekuritisasi aset BTN, Nixon mengaku, hal tersebut merupakan alternatif sumber pembiayaan guna meningkatkan kapasitas BTN dalam pemberian kredit baru.  Langkah ini diambil dengan mempertimbangkan isu pembiayaan saat ini yaitu jangka waktu pembiayaan yang pendek.

    Kemudian, dengan melihat suku bunga yang fluktuatif dan jumlah pembiayaan yang terbatas. Guna memitigasi hal tersebut di 2019 direncanakan sekuritisasi aset yang bersumber dari penjualan aset BTN dengan suku bunga tetap.

    "Aksi permodalan melalui sekuritisasi aset diperlukan untuk meningkatkan kapasitas BTN dalam pemberian kredit baru dan mengurangi risiko kredit, risiko likuiditas dan risiko suku bunga," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id