Legislator Minta Penyelarasan Data Ayam dan Telur

    27 Juli 2018 12:03 WIB
    Legislator Minta Penyelarasan Data Ayam dan Telur
    Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)
    Jakarta: Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Zainut Tauhid Saadi meminta adanya penyelarasan data produksi daging ayam dan telur yang tidak sesuai fakta di lapangan sehingga sempat menyebabkan terjadinya kenaikan harga. Hal itu penting guna menekan kenaikan komoditas tersebut di kemudian hari.

    "Kementerian Pertanian (Kementan) sering mengatakan barang-barangnya ada dan cukup, namun faktanya harga di masyarakat tinggi," kata Zainut, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 27 Juli 2018.
    Zainut mengharapkan adanya penjelasan yang komprehensif dari kenaikan harga daging ayam dan telur serta solusi untuk menurunkan harga agar masyarakat tidak dirugikan dengan kondisi ini. Menurut dia, apabila kenaikan harga dua komoditas pangan tersebut dikarenakan oleh produksi yang terbatas maka bisa saja dilakukan impor untuk menjaga stok.

    Namun, ia mengakui, impor menjadi pilihan terakhir untuk menjaga pasokan karena dampaknya bisa merugikan peternak. "Jika mereka (Kementan) tidak siap, impor menjadi pilihan terakhir. Akan tetapi, jika memang nantinya harus impor, imbasnya pasti akan merugikan para peternak," kata Zainut.

    Lebih lanjut, ia mengingatkan agar Satgas Pangan bekerja lebih efektif untuk memastikan realitas di lapangan dan mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan ini. "Hasil dari temuan yang dilakukan satgas itu juga sejatinya harus dipublikasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat juga tahu di mana letak sumbatannya," ujarnya.

    Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi IV Viva Yoga Mauladi menyatakan pemanggilan kepada Kementerian Pertanian bisa dilakukan untuk meminta penjelasan dan tidak hanya sekadar persoalan kenaikan harga daging ayam dan telur, namun juga isu pangan nasional lainnya.

     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id