Darmin Serahkan Jabatan ke Airlangga

    Desi Angriani - 23 Oktober 2019 23:03 WIB
    Darmin Serahkan Jabatan ke Airlangga
    Darmin Nasution menyerahkan jabatannya ke Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian.
    Jakarta: Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Airlangga Hartarto. Ketum Golkar itu sebelumnya menjabat Menteri Perindustrian.

    Darmin menjelaskan tugas dari Kemenko Perekonomian cukup kompleks lantaran membawahi 10 kementerian teknis sekaligus. Dengan kata lain, berbagai isu perekonomian harus dikoordinasikan antarkementerian teknis tersebut.

    "Alangkah bagusnya jika punya staf yang (mengerti) substansi, supaya bisa mengingatkan tidak hanya soal event, tapi juga substansi," katanya di Gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

    Menurutnya persoalan pangan menjadi isu paling banyak dibahas di Kemenko Perekonomian. Sebab, pangan secara langsung mempengaruhi tingkat inflasi.

    "Jangan lupa mengikuti itu (inflasi). Jangan sampai ketika ditanya inflasi berapa, (malah) bingung, repot itu," tutur dia.

    Mantan Gubernur Bank Indonesia ini pun yakin Airlangga dapat mengemban amanah tersebut. Apalagi Darmin pernah menjadi bawahan mendiang ayah Airlangga, Hartarto Sastrosoenarto.

    Hartarto pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Pembangunan V. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) pada Kabinet Pembangunan.

    "Saya yakin Pak Airlangga bisa mengikutinya (pekerjaan di Kemenko) dengan sangat baik. Selamat bekerja dan bertugas untuk negara. Negara mungkin agak mempunyai dinamika lebih tinggi di tahun-tahun depan ini," tambahnya.

    Sementara itu, Airlangga berjanji akan mewujudkan program prioritas Jokowi di bidang ekonomi yakni, pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

    "Capaian dan kinerja pada Kabinet Kerja I periode 2014-2019 menunjukkan capaian sangat baik di bidang ekonomi, terutama untuk meletakkan fundamental ekonomi yang kuat untuk dilanjutkan pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024," ujar Airlangga.

    Menko Airlangga pun mengajak para menteri dan kepala lembaga di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian untuk meneguhkan komitmen dalam mewujudkan Indonesia maju.

    Turut hadir dalam acara Sertijab Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id