Banyak Cetak Untung, Bank BUMN Disarankan Akuisisi Bank Kecil

    Nia Deviyana - 13 Agustus 2019 23:10 WIB
    Banyak Cetak Untung, Bank BUMN Disarankan Akuisisi Bank Kecil
    Illustrasi. MI/Angga Yuniar.
    Jakarta: Kondisi perekonomian domestik maupun global yang mengalami perlambatan semakin memberatkan kinerja bank-bank dengan modal kecil seperti Bank Umum Kelompok Usaha 1 dan 2.

    "Secara umum kinerja bank, kelompok BUKU 1 dan 2 itu sedang susah. Mereka enggak tutup saja sudah bagus. BUKU 3 juga ada yang susah. Nah, kalau BUKU 4, enggak ada cerita susah," ujar Anggota DPR RI dan Ketua Bidang Perekonomian DPP PDIP Hendrawan Supratikno, saat mengisi diskusi di Hotel Sofyan, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

    Dengan kondisi tersebut, bank-bank BUKU 4 utamanya yang berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), didorong melakukan akuisisi terhadap bank-bank dengan modal kecil tersebut. Sebab, menurut Hendrawan, bank BUMN BUKU IV sudah pasti mampu mendulang untung karena kebijakan yang mendukung, serta kepercayaan masyarakat yang tinggi.

    "Dalam kondisi ketidakpastian ini orang cenderung menaruh uang di bank-bank terpercaya. Dengan demikian mereka (Bank BUKU IV) untung kan, itu sebabnya mereka harus akuisisi yang kecil-kecil," paparnya.

    Sebagai informasi, ada empat kategori bank dari BUKU 1 hingga BUKU 4, berdasarkan modal inti. BUKU 1, adalah Bank dengan Modal Inti kurang dari Rp1 triliun.

    Sementara BUKU 2 adalah Bank dengan Modal Inti antara Rp1 triliun-Rp5 triliun. Kemudian BUKU 3 adalah Bank dengan Modal Inti antara Rp5 triliun-Rp30 triliun. Selanjutnya, BUKU 4 adalah Bank dengan Modal Inti lebih besar atau minimal Rp30 triliun.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id