Usung Bangunan Gedung Hijau, 3 Kota Jadi Pionir

    Ade Hapsari Lestarini - 05 Mei 2015 12:59 WIB
    Usung Bangunan Gedung Hijau, 3 Kota Jadi Pionir
    Ilustrasi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU



    medcom.id, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan mengawali strategi penggunaan bangunan gedung hijau di tiga kota besar pada tahun ini.

    Menurut Kasubdit Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan Direktorat Cipta Karya, Erwin Adhi Setyadhi, tahun ini mengawali milestone pertama strategi implementasi penyelenggaraan bangunan gedung hijau dalam skala nasional.

    "Maka pemerintah pusat menargetkan pendampingan penyusunan pengaturan di Kota Bandung, Surabaya, dan Makassar sebagai tiga kota metropolitan pionir," tukas dia, seperti dikutip dalam siaran persnya, Selasa (5/5/2015).

    Selain itu, dilakukan pula pemantauan dan pembelajaran dari implementasi bangunan Gedung Hijau di Provinsi DKI Jakarta yang telah berlangsung sejak 2012.

    Diharapkan pendampingan yang dilakukan kepada pemerintah daerah dan pelaku kepentingan terkait akan menjadi proses belajar dan mendorong percepatan pemerintah daerah untuk menyusun peraturan yang sesuai dengan amanat peraturan perundangan serta menyiapkan kelembagaan dan kapasitas SDM yang memadai.

    "Di masa mendatang, kita berharap setelah seluruh Kabupaten/Kota menerapkan Peraturan Menteri PUPR PUPR No. 02/PRT/M/2015 tentang Bangunan Gedung Hijau," tambah dia.

    Menurutnya, masyarakat luas akan mendapat manfaat dan maslahat dari pembangunan bangunan gedung yang tidak hanya mengutamakan aspek teknis keselamatan, kesehatan, kenyamanan sesuai kriteria teknis yang berlaku, namun juga lebih efisien sumber daya serta selaras, serasi, dan harmonis dengan lingkungannya.(AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id