BTN Jaga Kecukupan Modal Demi Program Sejuta Rumah

    Husen Miftahudin - 20 Agustus 2019 06:03 WIB
    BTN Jaga Kecukupan Modal Demi Program Sejuta Rumah
    Ilustrasi (MI/SUSANTO)
    Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN bakal menjaga rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) untuk dapat mendorong program sejuta rumah milik pemerintah. Antisipasi tersebut dilakukan perusahaan emiten berkode saham BBTN dengan beberapa cara.

    Plt Direktur Keuangan Bank BTN Nixon Napitupulu mengatakan penguatan CAR dilakukan dengan melakukan pinjaman dengan dua jenis denominasi rupiah dan USD. Pertama, melakukan pinjaman bilateral senilai Rp3 triliun.

    "Ini dengan salah satu insitusi milik negara, lagi dalam tahap pembicaraan. Diharapkan bisa selesai di akhir 2019," ujar Nixon, dalam konferensi pers usai Public Expose di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin, 19 Agustus 2019.

    Kedua, lanjutnya, dilakukan dengan penerbitan junior global bonds. Nilainya direncanakan sebesar USD200 juta hingga USD250 juta. BTN berencana memasarkan surat utang global tersebut di Indonesia, Asia, Eropa, hingga Amerika Serikat.

    Dengan tambahan CAR tersebut, BTN diyakini mampu mendongkrak lini bisnis utamanya yang berfokus pada pembiayaan perumahan. "Sehingga diharapkan kami tetap bisa mendukung ekpansi program sejuta rumah dari pemerintah," tegas dia.

    Di sisi lain, kedua aksi koorporasi itu sebagai bentuk mitigasi dari penerapan Pedoman Standar Akutansi Keuangan (PSAK) 71 yang berlaku pada Januari 2020. Sebab Pedoman ini bisa menggerus CAR perbankan, sehingga dapat menahan ekspansi.

    Dalam PSAK 71, perbankan diwajibkan menyiapkan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) sejak awal periode kredit. Sebelumnya, CKPN baru disediakan setelah terjadi peristiwa yang mengakibatkan risiko gagal bayar.

    "Untuk mengganjal CAR maka kami terbitkan subdebt tadi, sehingga tahun depan CAR-nya tidak turun," tutup Nixon.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id