Sri Mulyani Pantau Kinerja Ekspor di Sisa Akhir Tahun

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2019 08:29 WIB
    Sri Mulyani Pantau Kinerja Ekspor di Sisa Akhir Tahun
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan memantau kinerja ekspor untuk sisa tahun ini. Menurut dia, kinerja ekspor akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 yang diprediksi hanya mencapai 5,1 persen dari target 5,3 persen.

    "Kita lihat kuartal III dan IV mungkin yang harus kita lihat adalah investasi, apakah masih akan tetap di level lima persen itu," kata dia di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019.

    Dirinya menambahkan kinerja ekspor impor masih dipengaruhi oleh ketidakpastian global. Namun pertemuan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok soal perang dagang diharapkan memberikan dampak positif terhadap kinerja neraca perdagangan nasional.

    Sementara itu, Sri Mulyani berharap sektor konsumsi tetap memberikan dampak besar terhadap perekonomian. Apalagi kestabilan harga sampai dengan terjadinya deflasi pada bulan lalu diharapkan menjadi pemicu pertumbuhan konsumsi yang terus berjalan.

    "Kalau konsumsi kita harap dengan adanya stabilitas harga bahkan ada deflasi kita mengharap konsumsinya posisi indeks confidence-nya dari konsumen cukup kuat jadi kita berharap akan tetap bisa terjaga di lima persen," jelas dia.

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebelumnya diperkirakan hanya sekitar 5,08 persen. Perkiraan ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan outlook pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini sebesar 5,2 persen.

    "Seperti kita sampaikan secara keseluruhan satu tahun ini sekitar 5,08 jadi kalau dibulatkan 5,1 persen," pungkas Sri Mulyani.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id