Stok Bahan Pokok Hewani Cukup Jelang Lebaran

    Whisnu Mardiansyah - 31 Mei 2019 19:30 WIB
    Stok Bahan Pokok Hewani Cukup Jelang Lebaran
    Petugas Dinas Pertanian Salatiga melakukan sosialisasi penjualan daging sehat kepada pedagang di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). ANT/Aloysius Jarot.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan daging sapi, daging kerbau, dan telur ayam ras cukup menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 H. Hal itu berdasarkan penghitungan kebutuhan dan ketersediaan daging sapi/kerbau serta daging dan telur ayam ras.

    "Stoknya surplus, sehingga kondisinya sangat aman menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 H ini," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Jumat, 31 Mei 2019.

    Baca: Harga Bawang Merah Naik, Kementan Gelar Operasi Pasar

    Ketersediaan daging sapi atau kerbau surplus sebanyak 2.450 ton. Kementan memprediksi kebutuhan nasional pada Mei-Juni 2019 sebanyak 123.105 ton. Kebutuhan itu dipenuhi oleh produksi sapi lokal sebanyak 72.576 ton, stok persediaan 40.620 ton, dan rencana impor daging sapi dan jeroan pada Juni sekitar 12.359 ton.

    Potensi produksi dan kebutuhan daging ayam pada Mei-Juni juga serupa. Kementan mencatat daging ayam surplus sebanyak 30.373 ton dan telur ayam surplus sebanyak 153.761 ton. Persediaan telur tercatat 480.090 ton sementara kebutuhan masyarakat sebanyak 326.329 ton.

    Kementan memerhatikan kecukupan stok, distribusi, dan kenaikan permintaan, untuk memastikan stabilitas harga. Kementan telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok. 

    Kementan juga meningkatkan populasi dan produktivitas sapi dengan program upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting (Upsus Siwab). Mereka juga membenahi tata niaga ternak dan daging sapi.

    Baca: Mentan Minta Bulog Bantu Stabilkan Harga Cabai

    "Penguatan kelembagaan peternak sapi lokal dalam pemasaran melalui koperasi peternak, revitalisasi fungsi pasar ternak dan RPH sebagai penunjang tata niaga. Pemanfaatan kapal ternak, dan pembangunan holding ground untuk kelancaran distribusi sapi dan daging sapi," pungkasnya.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id