BCA Tak Tertantang Keberadaan Fintech

    Annisa ayu artanti - 09 Oktober 2019 15:03 WIB
    BCA Tak Tertantang Keberadaan <i>Fintech</i>
    Ilustrasi pengguna BCA mobile. FOTO: Medcom.id.
    Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengakui keberadaan financial technology (fintech) yang mulai mengambil alih sistem pembayaran dari konvensional ke digital tidak menjadi tantangan bagi perusahaan.

    Direktur BCA Subur Tan justru mengakui adanya fintech menjadi peluang perbankan untuk lebih berkembang, khususnya di bidang teknologi.

    "Yang akan terjadi pengalaman BCA selama ini akan ada perubahan pola (pembayaran), tapi sebenarnya menumbuhkan kesempatan baru," kata Subur ditemui di Pacific Place, Jakarta, Rabu, 9 September 2019.

    Bagaimana pun juga, menurut Subur, dana dari pembayaran via fintech tersebut akan masuk dan mengendap juga di perbankan. "Jadi sebenarnya ada perubahan, tapi bukan berarti menghilangkan suatu kesempatan bisnis, jadi Saya rasa situasi tumbuh bersama," jelas dia.

    Intinya, dalam menghadapi pesatnya perkembangan dunia fintech, perbankan akan terus menyesuaikan diri agar tidak tergerus zaman.

    "Kita harus bisa menyesuaikan diri, harus bisa menerima perubahan ini, kalau enggak akan terlindas zaman, kita sendiri yang harus bisa menyesuaikan diri," tukas dia.

    Bank Indonesia mencatat pengguna uang elektronik setiap tahun semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan fintech. BI juga mencatat pengunaan layanan pembayaran perbankan menurun. Dahulu mencapai 55 persen dari total menjadi 46 persen dari total. Sementara penggunaan uang elektronik justru meningkat dari 12 persen manjadi 23 persen.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id