Kemenperin-Pelaku Industri Kirim Logistik ke Lebak Banten

    Ilham wibowo - 13 Januari 2020 10:09 WIB
    Kemenperin-Pelaku Industri Kirim Logistik ke Lebak Banten
    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengirim logistik bantuan kemanusiaan bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten. Penanganan darurat bencana saat ini masih berlangsung.

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan selain bantuan dari unit kerja di Kemenperin, sejumlah asosiasi dan pelaku industri juga ikut terlibat untuk mengisi logistik yang paling dibutuhkan di Lebak. Akibat bencana di wilayah tersebut tercatat 17.200 jiwa atau 4.368 kepala keluarga (KK) dan melanda 12 desa di enam kecamatan.

    "Saya menyambut baik, ini hal positif dan bukan terlambat meskipun bencana banjir di Lebak memang sudah terjadi beberapa waktu lalu," kita Agus saat melepas truk logistik di kantor Kemenperin, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Solidaritas yang kuat, kata Agus, perlu terus dipertahankan mengantisipasi potensi bencana alam lainnya di berbagai daerah. Sehingga masyarakat yang terkena dampak bisa kembali pulih dalam tempo singkat.

    "Secara teknologi dan prediksi, bencana masih akan datang menimpa di beberapa wilayah Indonesia, belum lagi bencana di luar banjir," ungkapnya.

    Adapun bantuan dana dan barang dari unit kerja di lingkungan Kemenperin, perusahaan dan asosiasi mencapai Rp500 juta. Dana tersebut akan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Banten.

    Sejumlah logistik juga turut dikirim meliputi ikan sarden, biskuit, mi instan, air kemasan, susu formula dan kebutuhan pangan lainnya. Selain itu, bantuan kemanusiaan juga mengirimkan alas kaki, selimut, pembersih lantai, tenda peleton, alat mandi, dan obat-obatan.

    "Saya pernah bertugas di Kemensos, sekecil apapun bantuan sangat membantu mereka saudara kita yang kesulitan karena bencana," ujar Agus.

    Agus pun meminta para pelaku industri untuk bisa terus membuka pintu bantuan bagi masyarakat terdampak bencana.

    "Saya apresiasi tinggi upaya Kemenperin bantu saudara kita yang terkena musibah, kita harus siap siaga dan antisipasi. Pelaku industri juga terus buka pintu kalau ada bencana lagi dan bisa ikut bantu masyarakat yang kesulitan," tuturnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id