comscore

Destry Selangkah Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Eko Nordiansyah - 10 Juli 2019 17:07 WIB
Destry Selangkah Jadi Deputi Gubernur Senior BI
Destry Damayanti. MI/Panca Syaukarni.
Jakarta: Destry Damayanti selangkah lagi untuk menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Proses fit and proper test Destry oleh Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memasuki tahap akhir dan akan dilakukan penetapan oleh anggota fraksi di Komisi XI.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan sejauh ini Destry dinilai layak untuk menggantikan Mirza Adityaswara. Menurut dia, tidak ada perdebatan yang cukup sulit dari para anggota Komisi XI dalam menentukan nasib Destry.

 



"Kita melihat belum ada perbedaan pandangan yang tajam dalam Komisi XI dalam pemilihan deputi (gubernur) senior," kata dia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

Dirinya menambahkan selama ini Destry memiliki sepak terjang hampir di banyak lembaga keuangan. Terakhir Destry masih menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) setelah sebelumnya malang melintang di perbankan.

"Ya untuk seorang pejabat tinggi seperti dia di LPS masuk posisi yang cukup tinggi. Kemudian dulu di (Bank) Mandiri, di (lembaga) keuangan rata-rata posisi beliau cukup posisi yang tinggi," jelas dia.

Menurutnya, anggota Komisi XI sempat mempertanyakan kenapa hanya satu calon yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Hanya saja karena itu termasuk hak prerogratif Presiden Jokowi, maka Komisi XI hanya bisa melanjutkan proses yang ada dengan melakukan fit and proper test.

"Kita enggak bisa mempertanyakan hak seorang presiden. Presiden bisa saja ajukan dua, tiga, empat, dan juga bisa satu. Aturannya begitu, kami hanya jalankan tugas fit and proper test Ibu Destry dan hasilnya nanti segera akan kami sampaikan secepatnya," ungkapnya.

Selanjutnya, Komisi XI akan melakukan rapat internal untuk menentukan nasib Destry sebagai calon Deputi Gubernur Senior BI. Jika disepakati oleh anggota Komisi XI, maka nama Destry akan dilaporkan kepada pimpinan DPR di Sidang Paripurna.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id