Rini Disebut Sudah Kantongi Izin Jokowi Rombak Direksi BUMN

    Husen Miftahudin - 03 September 2019 06:02 WIB
    Rini Disebut Sudah Kantongi Izin Jokowi Rombak Direksi BUMN
    Menteri BUMN Rini Soemarno. MI/SUSANTO
    Jakarta: Perombakan direksi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perbankan ramai diperbincangkan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah meminta agar tidak ada perombakan direksi BUMN hingga Oktober 2019.

    Menteri BUMN Rini Soemarno dianggap melanggar titah Jokowi lantaran berani merombak direksi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN. Meski demikian, anak buah Rini Soemarno langsung membantah.

    Melalui mulut Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, Rini disebut sudah meminta izin terlebih dahulu ke Presiden terkait perombakan tersebut.

    "Bu Menteri (Rini) selalu berkomunikasi dengan Presiden. Keputusan Ibu Menteri tidak pernah diambil sendirian," ujar Gatot, ditemui di Kantor Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin, 2 September 2019.

    Lebih dari itu, lanjutnya, Rini juga memberi nama-nama direksi BUMN ke Jokowi. Tujuannya meminta restu Presiden untuk menaruh orang yang punya kompeten dan kapabilitas di bidang masing-masing.

    "Semuanya yang baru pasti fit and propper test, pindah nomenklatur juga fit and propper test," imbuhnya.

    Sebelumnya, Rini menggeser posisi Suprajarto dari Dirut BRI menjadi Dirut BTN. Sayangnya Suprajarto menolak keputusan Rini lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BTN, dan memilih untuk mengundurkan diri.

    Rini kemudian mencari sosok yang pantas mengisi posisi bos BTN. Alhasil, Oni Febriarto mengisi kekosongan dan menjalankan tugasnya sebagai Pelaksana harian (Plh) Dirut BTN.

    Sementara, posisi BRI 1 diisi oleh Sunarso, ia menggantikan Suprajarto. Sunarso sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dirut BRI. Sedangkan posisi Sunarso di BRI 2 kini diisi oleh Catur Budi Harto.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id