Pengamat: Diskon 50% Tidak Buat Maskapai Rugi

    Suci Sedya Utami - 13 Juli 2019 15:22 WIB
    Pengamat: Diskon 50% Tidak Buat Maskapai Rugi
    Ilustrasi (FOTO: Medcom.id/Mohammad Rizal)
    Jakarta: Pengamat Penerbangan Arista Atmadjati menilai kebijakan pemberian potongan harga atau diskon 50 persen untuk tiket penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) tidak akan membuat maskapai merugi.

    Arista mengatakan agar tidak membebani maskapai pemberlakuan diskon pada penerbangan di hari-hari tertentu harus diikuti dengan pemberian insentif dari pemerintah. Insentif tersebut bisa berupa bebas biaya nafigasi, diskon parkir pesawat di bandara, dan lain sebagainya.

    "Masih bisa untung bila pemerintah memberikan diskon pajak, diskon tarif untuk parkir, landing, garbarata, aerobridge, dan sewa terminal untuk LCC dibedakan. Baru bisa untung maskapai LCC," kata Arista, kepada Medcom.id, di Jakarta, Sabtu, 13 Juli 2019,

    Dalam hal ini, ia menilai biaya sewa bandara untuk LCC perlu dibedakan. Selama ini tidak ada bandara yang dikhususkan untuk pesawat LCC. Bila tidak dibarengi dengan insentif bukan tidak mungkin lambat laun nasib LCC akan bangkrut.

    "Pemerintah kan mau memberikan pembebasan pajak untuk spare part, biaya perawatan, dan airnav. Kalau maskapai mau berkorban turun, pemerintah juga harus eksekusi pajaknya. Jangan hanya menekan maskapai. Lama-lama maskapai ya enggak kuat dan enggak adil juga," jelas dia.

    Sebelumnya Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan pemerintah telah merampungkan insentif fiskal bagi maskapai berbiaya murah atau LCC yang menerapkan diskon tiket sebesar 50 persen. Aturan itu berbentuk Peraturan Pemerintah (PP) yang memberikan kebebasan pengenaan PPN.

    Aturan itu sudah disetujui dan diteken oleh Presiden Joko Widodo. "PP insentif fiskal sudah selesai dan sudah disetujui Presiden Jokowi," pungkas Susiwijono.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id