Sri Mulyani Mengakui OJK Perlu Dievaluasi

    Damar Iradat - 22 Januari 2020 12:06 WIB
    Sri Mulyani Mengakui OJK Perlu Dievaluasi
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih perlu dievaluasi. Pengawasan di sektor keuangan dinilai belum sempurna.

    "Pasti belum sempurna, masih perlu banyak hal yang diperbaiki, termasuk dari sisi perundang-undangan," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.  

    Sebagai ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Ani terus berupaya menyempurnakan peraturan perundang-undangan. Hal ini agar pemerintah dapat menjaga stabilitas sistem keuangan.

    Namun, mantan Direktur Bank Dunia itu tidak menjawab lugas terkait usulan Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga untuk OJK. Eriko sebelumnya membuka kemungkinan pengembalian fungsi OJK ke Bank Indonesia (BI).

    Eriko berkaca pada permasalahan pengelolaan keuangan yang menyeret sejumlah lembaga jasa keuangan. Paling menyita perhatian ialah masalah gagal bayar dan dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT ASABRI (Persero), masalah likuiditas pada AJB Bumiputera 1912, permasalahan permodalan, dan tingginya tingkat kredit macet PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

    OJK dinilai bertanggung jawab penuh terhadap permasalahan pengelolaan keuangan lembaga jasa keuangan. OJK punya fungsi pengawasan yang bisa meminimalisasi kasus-kasus di industri keuangan.

    "Kemarin teman-teman internal kita (Komisi XI) juga bicara, mereka melakukan itu untuk pengawasan yang lebih baik. Nah, ternyata hasilnya tidak maksimal," kata Eriko, Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020. 

    Komisi XI DPR juga berencana mengevaluasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK. Komisi XI menganggap kinerja OJK melempem dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap lembaga jasa keuangan.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id