Ibu Kota Baru Dibangun di Lahan Milik Negara

    Desi Angriani - 20 Agustus 2019 21:27 WIB
    Ibu Kota Baru Dibangun di Lahan Milik Negara
    Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. MI/Adam Dwi.
    Jakarta: Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan ibu kota baru akan dibangun di lahan milik negara. Hal ini untuk menghindari para spekulan tanah yang bermunculan di wilayah Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.  

    "Lokasi yang akan dipilih adalah lokasi yang sudah dikuasai oleh pemerintah," ujar Bambang di Gedung Saleh Afiff, Kementerian PPN/ Bappenas, Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2019.

    Bambang menegaskan kerugian atas pembelian lahan di wilayah Samboja tidak akan ditanggung oleh pemerintah. Meski santer disebut-sebut sebagai calon ibu kota baru, Samboja tidak berada di bawah kendali pemerintah.

    "Jadi pemerintah tidak akan melakukan ganti rugi karena membeli lahan. Tapi kita akan menggunakan lokasi yang memang sudah dibawah kendali pemerintah," ungkapnya.

    Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak terkecoh dengan para spekulan yang membeli tanah dengan harga murah. Namun demikian, ia tak bisa mencegah bisnis properti yang mungkin tumbuh di wilayah itu.

    "Jadi spekulasi ya menurut saya nanti akan merugikan diri sendiri kecuali melihatnya dalam tempo yang masih jauh ke depan," pungkas dia.

    Adapun Samboja memiliki letak yang strategis karena berbatasan langsung dengan pintu gerbang Kalimantan Timur. Samboja berjarak 1 jam 16 menit atau 44,8 km dari Bandara Sepinggan.

    Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id