comscore

Data Spasial Penting untuk Perencanaan Pembangunan

05 Desember 2016 15:05 WIB
Data Spasial Penting untuk Perencanaan Pembangunan
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
medcom.id, Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menekankan pentingnya data spasial dalam perencanaan pembangunan di Tanah Air.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017 disusun dengan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial dalam upaya pencapaian sasaran agenda prioritas nasional agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Khusus untuk spasial, lanjut Bambang  berarti perencanaan agenda prioritas nasional harus mempertimbangkan kondisi lokasi pembangunan.
"Data spasial memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan dan mengintegrasikan lokasi pembangunan lintas sektor hingga kedalaman koordinat petanya," ujar Bambang dikutip dari Antara, Senin (5/12/2016).

Data dan informasi geospasial memiliki peranan penting dan strategis untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan karena dapat memotret kondisi riil geospasial di Indonesia.

Bambang menuturkan, peran BIG menjadi penting mengingat Indonesia merupakan entitas maritim yang menjadi rumah bagi kekayaan alam serta biodiversitas daratan dan lautan.

BIG mengemban amanah untuk melaksanakan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang diharapkan dapat menjadi inisiasi untu melakukan sinkronisasi terhadap perbedaan-perbedaan informasi sehingga konflik pengunaan lahan yang selama ini terjadi dapat segera terselesaikan.

Kebijakan Satu Peta juga dapat digunakan sebagai alat pemantauan dan evaluasi rencana pembangunan serta dasar pemberian izin antar sektor baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota.

"Upaya yang telah dilakukan BIG merupakan muara dari usaha bersama, yang pada akhirnya akan mendorong kepastian usaha dan kemudahan berinvestasi bagi para pelaku usaha baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ujar Bambang.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id