Solusi Pembayaran Dana Nasabah Jiwasraya Masih Abu-abu

    Annisa ayu artanti - 29 Januari 2020 20:24 WIB
    Solusi Pembayaran Dana Nasabah Jiwasraya Masih Abu-abu
    Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir belum menentukan langkah konkrit yang akan digunakan untuk pembayaran dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahap pertama yang dijanjikan Maret 2020.

    Hal itu diutarakannya usai melakukan rapat dengan Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR-RI. Erick hanya mengatakan dalam rapat tersebut pemerintah dan DPR sepakat untuk memberi perlindungan kepada para nasabah Jiwasraya.

    "Paling tidak kemauan Panja perlindungan kepada nasabah menjadi prioritas utama dan opsinya harus mulai jalan," kata Erick di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

    Ditanya lebih lanjut mengenai besaran dana dan langkah apa yang dipilih untuk pembayaran dana nasabah tahap awal tersebut, Erick juga tidak menyebut rinci.

    Ia berdalih jalan yang ditempuh dalam pembayaran dana nasabah nanti bukan ranah publik. Yang pasti, pemerintah menjamin kepastian dan perlindungan nasabah Jiwasraya.

    "Intinya kalau terlalu detail itu bukan domain semua pihak. Yang penting perlindungan nasabah dan langkah solutif untuk nasabah akan dilakukan, dan itu salah satunya di Maret. Yang penting nasabah dapat kepastian itu saja," ucapnya.

    Beberapa solusi penyelamatan Jiwasraya telah mengemuka antara lain membentuk anak usaha Jiwasraya Putra untuk menarik investor, pembentukan holding asuransi, dan penerbitan mandatory convertible bond (MCB).

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pembayaran nasabah Jiwasraya akan dicicil. Pembayaran dana nasabah akan dilakukan pada awal Maret dengan sebesar Rp2 triliun.

    "Rp2 triliun bisa dapat (dikembalikan) untuk tahap awal," kata Arya beberapa waktu lalu dalam diskusi Chrosscheck Medcom.i.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id