BI Gandeng Shopee Tingkatkan Jumlah UMKM Binaan Go Digital

    Husen Miftahudin - 12 Juli 2019 19:14 WIB
    BI Gandeng Shopee Tingkatkan Jumlah UMKM Binaan <i>Go Digital</i>
    Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto (kanan) dan Head of Government Relationship Shopee Indonesia Radityo Triatmojo (kiri). (FOTO; Medcom.id/Husen Miftahudin)
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) melakukan kerja sama dengan perusahaan e-commerce, Shopee untuk meningkatkan jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan agar go digital. Dari 898 UMKM binaan bank sentral, 355 di antaranya sudah go digital.

    "Kami menggandeng marketplace seperti Shopee ini paling tidak untuk memasarkan produk-produk UMKM yang sebetulnya dia punya nilai bagus supaya didekatkan dengan konsumen. Tentunya dengan tujuan meningkatkan omzet," kata Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto, dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli 2019.

    Bila berhasil merengkuh sebagai pelaku UMKM yang go digital, langkah selanjutnya adalah memperluas akses dan jangkauan pemasaran, utamanya pasar ekspor. Hal ini sesuai arahan Gubernur BI Perry Warjiyo agar UMKM binaan Bank Indonesia go digital dan go ekspor.

    "Sesuai dengan pernyataan Gubernur BI, kita akan menuju ke level yang lebih baik lagi, yakni UMKM yang go ekspor. Ini sesuai dengan topik pameran Karya Kreatif Indonesia, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM yang go digital dan go ekspor," jelas Budi.

    Dalam kerja sama antara BI dan Shopee, UMKM binaan bank sentral diberikan pelatihan dan edukasi oleh Shopee agar produk-produk yang masuk di marketplace online tersebut sesuai standar, utamanya soal kualitas.

    "Kemudian motif, corak, dan sebagainya. Bahkan cara memfoto barang/mendisplay barang dilatih. Kalau UMKM sudah masuk platform digital seperti Shopee berarti bisa dilihat seantero dunia, sehingga bisa dibeli oleh masyarakat dunia," urai Budi.

    Head of Government Relationship Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menyambut baik kerja sama BI dan Shopee. Menurut dia, ketika produk-produk UMKM telah sesuai standar, maka pihaknya siap untuk langsung memasarkan lewat marketplace mereka.

    "Menurut kami online (display produk daring) saja tidak cukup, tapi dia harus bisa sampai di-order. Sehingga experience UMKM di platform online itu benar-benar secara penuh," tuturnya.

    Terlebih Shopee nantinya bakal punya rencana produk ekspor. Radityo bilang, akhir tahun ini Shopee berencana membuka kanal produk-produk UMKM yang bisa diekspor ke tujuh negara.

    "Sehingga Shopee di Singapura dan Malaysia itu nanti ada produk-produk dari teman-teman UMKM yang kita pasarkan. Kita harapkan dengan ini teman-teman UMKM masuk pasar global secara mandiri," tutup dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id