Pemda Harus Ciptakan Lapangan Pekerjaan

    Eko Nordiansyah - 10 April 2019 15:37 WIB
    Pemda Harus Ciptakan Lapangan Pekerjaan
    Ilustrasi - - Foto: REUTERS/ Lucy Nicholson
    Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, pemerintah daerah (pemda) perlu berupaya menciptakan lapangan pekerjaan. Pemda harus memiliki terobosan supaya tidak bergantung pada kebijakan pemerintah pusat.

    "Jangan semuanya bergantung pada apa kebijakan ekonomi nasional. Harus ada upaya kebijakan lokal untuk ciptakan lapangan kerja dan mencari strategi terbaik untuk mengurangi kemiskinan," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu 10 April 2019.

    Bambang menuturkan, penciptaan lapangan kerja memang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Terlebih saat ini jumlah pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak 7 juta orang, atau lebih tinggi dari jumlah penduduk Singapura.

    "Kalau 7 juta jelas bukan angka yang kecil, 7 juta pengangguran di Indonesia lebih besar dari total penduduk Singapura. Jadi menangani masalah di Indonesia memang enggak gampang. Tidak semata-mata kita bisa dibandingkan begitu saja dengan negara tetangga," jelas dia.

    Menurutnya menciptakan lapangan kerja bertujuan untuk mengurangi kemiskinan. Saat ini meski tingkat kemiskinan sudah menurun di level 9,66 persen, namun jumlah ini masih setara dengan 26 juta penduduk atau lebih besar dari jumlah penduduk Australia.

    "Jadi kembali lagi menangani Indonesia tidak gampang. yang menganggur jumlahnya lebih banyak dari penduduk Singapura, yang hidup di bawah garis kemiskinan jumlahnya lebih besar daripada total penduduk Australia," ungkapnya.

    Oleh karena itu, Bambang berharap pemerintah daerah bisa mendorong terciptanya lapangan pekerjaan. Terlebih jumlah pengangguran akan lebih terasa bagi masyarakat luas dibandingkan dengan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah ataupun negara.

    "Kalau penganggurannya beda lima persen sama enam persen, langsung terasa. Karena dia langsung merasakan gampang atau tidak dia dapat lapangan pekerjaan. Gampang atau tidaknya itu akibat ada tidaknya penciptaan lapangan kerja," pungkasnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id