• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 18 SEP 2018 terkumpul RP 19.911.330.901

Langkah Pengusaha Dukung Pemerintah Perkuat Rupiah

Husen Miftahudin - 14 September 2018 22:34 wib
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. (FOTO: Medcom.id/Husen)
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. (FOTO: Medcom.id/Husen)

Jakarta: Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung upaya pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah. Ada beberapa langkah yang dilakukan pengusaha untuk membuat mata uang 'Garuda' tersebut bersinar.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyebutkan langkah-langkah aksi pengusaha untuk memperkuat rupiah adalah dengan membatasi penggunaan transaksi valuta asing (valas). Pengusaha sepakat menggunakan valas hanya untuk kebutuhan penting.

"Selain itu, mengutamakan pemasok dalam negeri dalam rantai bisnis," ujar Hariyadi dalam sebuah acara di Grand Ballromm Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Kemudian, lanjutnya, pengusaha juga sepakat meningkatkan ekspor dan mencari peluang pasar nontradisional. Juga, menyusun rancangan investasi dalam bentuk rupiah termasuk pinjaman dalam bentuk rupiah.

Para pengusaha juga sepakat untuk memaksimalkan tenaga kerja dan ahli lokal. Termasuk mengonversi upah tenaga kerja asing ke rupiah dengan nilai yang tetap.

"Apindo dan Kadin meyakini bahwa langkah-langkah aksi ini bisa dilakukan kolektif para pengusaha sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan penguatan nilai tukar rupiah," tegasnya.

Di sisi lain, tambah Hariyadi, ia meminta pemerintah untuk menyusun kebijakan pajak yang lebih konstruktif. Hal tersebut untuk mendorong masuknya investasi, dan bukan menakut-nakuti dunia usaha.

"Selain kebijakan pajak, kita juga memerlukan inovasi sistem cukai untuk lebih menstimulan industri yang memerlukan bahan baku impor dan belum dapat diproduksi di dalam negeri," tutup Hariyadi.

 


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.