"Kalau Jokowi Punya Tol Laut, Kita Bangun Jembatan Laut"

    Wibowo - 29 Juli 2014 18:02 WIB
    Pemerintah merencanakan pembangunan jembatan laut -- FOTO ANTARA/Eric Ireng
    medcom.id, Jakarta: Pemerintah berencana membangun jembatan laut yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera.

    "Kalau Pak Jokowi (Joko Widodo) punya tol laut, kita bangun jembatan laut," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung, di Jakarta, Senin 28 Juli 2014.
    Konsep itu akan memfasilitasi kapal melalui jembatan. "Bayangkan kalau ini sudah bisa dilakukan maka akan membuat efisiensi ekonomi luar biasa," jelasnya.

    Ia meminta Kementerian Perhubungan menganggarkan belanja untuk studi kelayakan (feasibility study) pemindahan pelabuhan Merak, Banten. Pasalnya, perluasan lahan menjadi kendala. "Ada kawasan di tengah pelabuhan Merak yang tidak bisa dibebaskan," ujar Chairul.

    Chairul juga berencana membangun lima dermaga di pelabuhan Bakauheni, Lampung. Sebelumnya pelabuhan itu memiliki lima dermaga.

    "Saya akan rapat setelah Lebaran dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum untuk mendesain perluasan terminal Bakauheni, Lampung yang mampu melayani kapal berukuran besar," ungkapnya.

    Dia menambahkan, manajemen lalu lintas (management traffic) belum menyelesaikan permasalahan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

    Selain itu, menurut Chairul, ia berencana membangun pelabuhan bertaraf internasional. Sehingga perjalanan antar pulau nyaman.
    "Kalau di Hong Kong, perjalanan antar pulau itu sudah biasa sekali, orang kaya yang naik. Kalau di Indonesia belum mau, karena takut," tambahnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id