Bersaing di MEA, Pelaku UMKM Disokong Naikkan Kualitas Produk

    Amaluddin - 14 Oktober 2017 14:46 WIB
    Bersaing di MEA, Pelaku UMKM Disokong Naikkan Kualitas Produk
    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri saat membuka pameran UMKM PPK Sampoerna 2017. (MTVN/Amal)
    medcom.id, Surabaya: Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) didorong untuk terus meningkatkan kualitas produknya untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

    Demikian disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri saat membuka pameran UMKM yang digelar PT HM Sampoerna Tbk di Taman Krida Budaya, Kota Malang, Sabtu, 14 Oktober 2017. Hanif berharap produk dalam negeri mampu memproduksi produknya dengan cepat dan harga terjangkau.

    "Sekarang ini yang dicari oleh konsumen adalah kualitas barangnya bagus, harganya harus murah, dan produksinya harus cepat. Nah, ini tantangan bagi wirausahawan kita sekarang ini," jelas Hanif.

    Oleh karena itu, Hanif meminta kepada pemerintah daerah untuk berperan aktif membantu mengembangkan produk UMKM. Sebab, UMKM merupakan sektor penunjang prekonomian di Indonesia.

    "Karena itu, mari kita integrasikan UMKM dengan platform ekonomi digital, mengingat sekarang adalah era digital. Maka itu UMKM kita harus terus berkembang, sehingga bisa tembus ekspor ke mancanegara," tambah dia.

    PPK Sampoerna 2017 ini menghadirkan 72 stan dari berbagai wilayah di Indonesia. Ini dilakukan agar produk UMKM bisa dikenal secara luas oleh masyarakat.

    "Mengembangkan UMKM ini juga merupakan program pemerintah untuk meningkatkan wirausaha," tutur Hanif.

    Menurut Hanif, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pengusaha muda di Tanah Air. Berbagai cara seperti melakukan pelatihan dan menggenjot UMKM juga terus dilakukan.

    "Memang masih belum sesuai seperti yang diharapkan. Namun cara dan langkah kita sudah benar, jalannya juga benar, majunya juga benar. Hanya saja jalannya harus lebih cepat lagi menekan semua itu, jalannya harus di atas standar," pungkas Hanif.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id