CPNS Kemenperin Harus Siap Ditugaskan di 15 Area Penempatan

    Nia Deviyana - 12 November 2019 11:18 WIB
    CPNS Kemenperin Harus Siap Ditugaskan di 15 Area Penempatan
    CPNS saat mengikuti Presidential Lecture 2019. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Perindustrian.

    Mengutip keterangan yang dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN), Selasa, 12 November 2019, pelamar CPNS nantinya harus mau ditempatkan di beberapa titik yang menjadi penunjang program kerja Kemenperin. Berikut, 15 unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi penempatan PNS Kemenperin.

    1. Sekretariat Jenderal.
    2. Direktorat Jenderal Industri Agro.
    3. Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil.
    4. Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika.
    5. Direktorat Jenderallndustri Kecil, Menengah dan Aneka.
    6. Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional.
    7. Inspektorat Jenderal.
    8. Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.
    9. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri.
    10. Unit Pendidikan: Politeknik STMI Jakarta, Politeknik STIT Bandung, Politeknik AKA Bogor, Politeknik ATI Padang, Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik APP Jakarta, Politeknik ATI Makassar, Politeknik Industri Logam Morowali, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng, SMK-SMAK Padang, SMK-SMTI Banda Aceh, SMK-SMTI Makassar, SMK-SMTI Yogyakarta, SMK-SMTI Bandar Lampung, dan SMK-SMTI Pontianak.
    11. Balai Diklat Industri di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, dan Makassar.
    12. Balai Besar Kimia dan Kemasan Jakarta, Balai Besar Industri Agro Bogor, Balai Besar Keramik Bandung, Balai Besar Tekstil Bandung, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Bandung, Balai Besar Pulp dan Kertas Bandung, Balai Besar Logam dan Mesin Bandung, Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta, Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta, Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri Semarang dan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Makassar.
    13. Balai Riset dan Standardisasi Industri di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Surabaya, Banjarbaru, Pontianak, Samarinda, dan Ambon.
    14. Balai Pengembangan Produk dan Standarisasi Industri Pekanbaru.
    15. Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia di Sidoarjo.

    Persyaratan khusus

    1. Pelamar Formasi Cumlaude
    a. Pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat "dengan pujian"/cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan dan dibuktikan dengan Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai (Surat Keterangan Lulus Tidak Berlaku) yang telah dilegalisir oleh Dekan atau yang sederajat.

    b. Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “dengan pujian"/cumlaude dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dibuktikan pada saat Validasi Dokumen Administrasi.

    c. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL sekurang-kurangnya 475 bagi pelamar formasi Guru dan Dosen, serta nilai TOEFL sekurang-kurangnya 500 bagi pelamar formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional. Nilai TOEFL masih berlaku sampai dengan 31 Desember 2019 dan dibuktikan pada saat Validasi Dokumen Administrasi.

    d. Memiliki Surat Tanda Registrasi/STR (bukan internship) yang masih berlaku pada saat pendaftaran dan linier bagi pelamar formasi Perawat dan Pranata Laboratorium Kesehatan untuk dibuktikan pada saat Validasi Dokumen Administrasi.

    2. Pelamar Formasi Umum, Disabilitas dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat
    a. Pelamar merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Program Studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada saat kelulusan dan dibuktikan dengan Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai (Surat Keterangan Lulus Tidak Berlaku) yang dilegalisir oleh Dekan atau yang sederajat.

    b. Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan disertai dengan konversi Indeks Prestasi Komulatif (IPK) ke dalam skala 4 yang dibuktikan pada saat Validasi Dokumen Administrasi.

    c. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal mengikuti ketentuan berikut:
    1. Jenjang Strata 2 (S-2) memiliki IPK ≥ 3,00.
    2. Jenjang Strata 1 (S-1)/Diploma IV (D-IV) memiliki IPK ≥ 2,75.
    3. Jenjang Diploma III (D-III) memiliki IPK ≥ 2,50.
    4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL sekurang-kurangnya 475 bagi pelamar formasi Guru dan Dosen, serta nilai TOEFL sekurang-kurangnya 500 bagi pelamar formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional. Nilai TOEFL masih berlaku sampai dengan 31 Desember 2019 dan dibuktikan pada saat Validasi Dokumen Administrasi.

    Adapun pada seleksi CPNS 2019, Pemerintah membuka 152.286 formasi yang dibagi atas 37.425 formasi untuk 68 Kementerian dan Lembaga, dan sebanyak 114.861 formasi pada 462 Pemerintahan Daerah. Adapun Kemenperin membuka 359 formasi.

    Sementara untuk mendaftar dalam proses seleksi CPNS 2019, masyarakat dapat mengakses website sscasn.bkn.go.id. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai tata cara dan alur pemerimaan CPNS Kemenperin pendaftar dapat membuka rekrutmen.kemeperin.go.id.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id