Daging Sapi Brasil Siap Masuk ke Indonesia - Medcom

    Daging Sapi Brasil Siap Masuk ke Indonesia

    Ilham wibowo - 15 Agustus 2019 06:01 WIB
    Daging Sapi Brasil Siap Masuk ke Indonesia
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (MI/SUSANTO)
    Tangerang: Pemerintah telah mengizinkan impor daging sapi asal Brasil sebanyak 50 ribu ton. Kuota tersebut untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Indonesia hingga akhir tahun. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan izin impor daging sapi ini telah dibahas mendalam dalam rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian.

    Rencananya, kuota impor tersebut akan dibagi tiga perusahaan pengelola. "Di dalam rakor Menko sudah ditetapkan impor kuotanya 50 ribu ton dari Brasil. Sebanyak 30 ribu ton kepada Bulog, 10 ribu ton Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan 10 ribu ton Berdikari," kata Enggar, usai di Indonesia Great Sale di TangCity Mall, Tangerang, Rabu, 14 Agustus 2019.

    Enggar menerangkan pihaknya telah menginstruksikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno untuk memberi penugasan kepada tiga perusahaan BUMN tersebut. Kehadiran daging tersebut dipastikan tidak akan menganggu daging lokal di pasar dalam negeri.

    "Selama tiga bulan perjalanannya, coba saja kalau enggak percaya naik kapal," ujarnya.

    Enggar menolak anggapan bahwa impor dari Brasil tersebut buntut kemenangan gugatan ekspor ayam atas Indonesia dalam Badan Penyelesaian Sengketa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Brasil dipilih sebagai alternatif setelah selama ini impor daging sapi dilakukan dari Australia.

    "Itu dari awal, Brasil meminta dan bagus saja supaya kita jangan tergantung dari satu negara lah. Kalau kita hanya tergantung sama Australia, kita akan didikte sama Australia," paparnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id