Menko Airlangga Berharap Perbankan Segera Ikuti Penurunan Suku Bunga BI

    Eko Nordiansyah - 20 Februari 2020 16:06 WIB
    Menko Airlangga Berharap Perbankan Segera Ikuti Penurunan Suku Bunga BI
    Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) bisa segera diikuti oleh penurunan suku bunga perbankan. Menurut dia, suku bunga acuan saat ini sudah rendah sebagaimana tren penurunan suku bunga yang dilakukan bank sentral.

    "Yang paling penting transmisi dari BI ke perbankan itu dipercepat, karena sekarang BI rate sudah turun tapi transisi di perbankan nya masih belum turun," kata dia saat ditemui di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020.

    Dirinya menambahkan, penurunan suku bunga acuan ini membuat investor semakin tertarik kepada Indonesia. Airlangga menyebut pasar modal akan menjadi tujuan investor karena penurunan suku bunga tersebut.

    "Tentu ini kesempatan untuk investasi karena kan investasi membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun, capital market tingkat suku bunga yang sedang turun," ungkapnya.

    BI sebelumnya memangkas suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen. Kebijakan tersebut untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah dampak penyebaran virus korona.

    Penurunan suku bunga acuan ini diikuti dengan penurunan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,50 persen.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id