Harga Semen di Puncak Jaya Turun Jadi Rp500.000/Sak

    Annisa ayu artanti - 22 Agustus 2017 19:27 WIB
    Harga Semen di Puncak Jaya Turun Jadi Rp500.000/Sak
    Press Conference Penurunan Harga Semen di Puncak Jaya, Papua. MTVN/Annisa Ayu Artanti.
    medcom.id, Puncak Jaya: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan per tanggal 22 Agustus 2017 harga semen di Kabupaten Puncak Jaya, Papua sudah turun. Semula harga semen di Puncak Jaya merupakan yang termahal se-Indonesia yakni mencapai Rp2 juta per sak. Tetapi mulai hari ini harganya sudah turun menjadi Rp500.000 per sak.

    "Kita tekan harga menjadi Rp500.000 yang biasanya Rp1 juta sampai Rp2 juta per sak," kata Rini di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa 22 Agustus 2017.

    Menurut Rini, penurunan semen satu harga ini adalah bentuk sinergi perusahaan BUMN yakni PT Pelni, PT Perusahan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Pelindo IV, PT POS, dan PT Semen Indonesia yang menugaskan anak usahanya PT Semen Tonasa untuk mensuplai wilayah Papua, Papua Barat, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara

    "Sinergi dengan BUMN itu dengan Pelni, dengan Pelindo IV, keangkutannya oleh Pelni, dan Pos sebagai gudang. Jadi ini benar-benar sebagai sinergi. Jadi, antara pos PPI kemudian Semen Tonasa," jelas Rini.

    Sementara itu, diakui Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo, bahwa penurunan harga semen sangat membantu masyarakat Puncak Jaya dalam membangun bangunan atau rumah tinggal.

    Untuk bangunan permanen, penurunan biaya pembangunan mencapai 12,5 persen. Lalu untuk bangunan semi permanen mencapai 9,8 persen. Kemudian untuk bangunan kayu mencapai 5,1 persen.

    "Dengan subsidi jadi Rp 500.000 maka sangat jelas ada penurunan 50 persen harga semen," ucap Henock.

    Pada tahun ini, Kabupaten Puncak Jaya membutuhkan pasokan semen sebanyak 2.000 ton yang terdiri dari 1.500 ton untuk pemerintah dan 500 ton untuk masyarakat.

    Ditemui ditempat berbeda, salah satu pembeli, Enos Wonda menuturkan harga semen saat ini sudah sangat murah. Sebelumnya ia sempat membeli semen seharga Rp2 juta. Tetapi kali ini hanya Rp500.000.

    "Sebelumnya harga pertama Rp2 juta. Kedua Rp1,5 juta, ketiga Rp900 ribu. Sekarang Rp500 ribu. Baru hari ini harga semen Rp500 ribu," tutup Enos.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id