Menggerakkan Ekonomi Lokal via Budaya

    09 April 2018 19:49 WIB
    Menggerakkan Ekonomi Lokal via Budaya
    Indonesia dan Jepang menggerakkan ekonomi lokal. (FOTO: dok Lippo Cikarang)
    Jakarta: Indonesia dan Jepang telah menjalin hubungan diplomatik selama 60 tahun. Keduanya pun juga menggerakkan ekonomi lokal melalui pertukaran budaya.

    "Pertukaran tersebut juga menekankan pola perkembangan 1.500 pengusaha yang ada di daerah setempat dalam menggerakkan roda ekonomi," tutur Chief Executive Officer Lippo Cikarang Toto Bartholomeus dalam siaran persnya, Senin, 9 April 2018.

    Pertukaran budaya ini terjadi melalui kegiatan 'Sakura Matsuri' (Musim Bunga Sakura) yang dilakukan sebagai ajang bersosialisasi dengan masyarakat daerah setempat.

    "Ini adalah kegiatan yang mana di Japan biasa pada April menikmati keindahan bunga sakura. Dengan adanya hal itu tentunya hanya dapat menggelar perayaannya yang bertajuk pertukaran dan pengenalan budaya," tambah dia.

    Dia menuturkan kegiatan tersebut juga menunjukkan sisi keharmonisan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, budaya, dan lain sebagainya. Dengan adanya karakteristik yang hampir sama itu tentunya dapat menyamakan misi maupun visi dalam segala hal. Dan kedekatan diplomasi tersebut sudah berjalan selama 60 tahun.

    Vice Chairman Of Cikarang Japan Club mengatakan dalam kegiatan ini tentunya memiliki maksud maupun tujuan dimana dalam pertukaran kebudayaan terbilang penting dan sebagai ajang promosi.

    Banyak keunggulan dari kearifan budaya pada daerah setempat yang memiliki keunggulan berbeda-beda. Itu antaranya untuk seni tari terlihat kegemulaian penari dan untuk Jepang lebih pada ketegasan maupun bijaksana.

    Ia menambahkan dalam hal ini juga akan membangun pusat pendidikan yang di mana tidak hanya peruntukannya masyarakat berwarganegaraan Jepang, tetapi juga warga lokal.

    Dengan adanya hal tersebut tentunya dapat mempersatukan perbedaan yang nantinya menjadi kebersamaan. Serta tentunya dalam pusat pendidikan tersebut akan lebih menyiapkan anak
    didik dalam menyikapi dunia kerja.

    "Tapi tentunya berharap Kabupaten Bekasi juga dapat menjadi kampung halaman bagi warga Jepang yang tinggal di daerah setempat," katanya.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id