comscore

BI Siapkan Rekening Simpanan Khusus Tampung DHE

Ilham wibowo - 25 Januari 2019 16:40 WIB
BI Siapkan Rekening Simpanan Khusus Tampung DHE
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memastikan ikut mendukung kebijakan pemerintah terkait Devisa Hasil Ekspor (DHE). Rekening simpanan khusus disiapkan untuk mengakomodasi hasil kegiatan pengusahaan, pengelolaan, dan atau pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) Tanah Air.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan dukungan itu dilakukan dengan menyiapkan peraturan BI terkait hadirnya rekening simpanan khusus tersebut. Insentif pajak maupun pengelolaan deposito dinilai akan lebih mudah, cepat, dan jelas.

 



"Kami sudah siapkan PBI (Peraturan Bank Indonesia), sehingga kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah khususnya pemberian insentif pajak bagi DHE yang banyak dibawa ke dalam negeri dan juga dikonversikan ke rupiah," ujar Perry ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.

Perry sepakat pengaturan DHE yang optimal bakal turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, kebijkan yang tertuang dalam intah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 itu dinilai bakal menstabilkan nilai tukar mata uang rupiah.

"Kami juga sudah bicara dengan perbankan dan perbankan juga siap mendukung kebijakan mengenai bagaimana kita lebih mengoptimalkan DHE bagi kemajuan ekonomi kita, bagi pembiayaan di bidang ekonomi," paparnya.

PBI untuk rekening simpanan DHE ini disebut segera bakal diterbitkan. Tim dari BI telah melakukan kajian dan koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seiring kehadiran regulasi resmi dari pemerintah.

"Begitu PP-nya siap kami keluarkan dalam waktu dekat, karena itu satu paket PP keluar PBI keluar," pungkasnya.

 

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id