IIF 2019 Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

    Anggi Tondi Martaon - 11 Desember 2019 16:41 WIB
    IIF 2019 Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital
    Indonesia Innovation Forum (IIF) 2019 menghadirkan ratusan investor dan perusahaan rintisan (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
    Jakarta: Ekonomi kreatif berbasis digital dinilai memiliki potensi besar terhadap perekonomian Indonesia. Untuk mendukung pertumbuhannya, hari ini diselenggarakan Indonesia Innovation Forum (IIF) 2019.

    Diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Mandiri Group, Mandiri Capital Indonesia (MCI), dan Kedutaan Besar Jerman, IIF 2019 menghadirkan ratusan investor dan perusahaan rintisan (startup).  

    "Diharapkan IIF 2019 mampu meningkatkan dan mengembangkan sistem ekonomi startup di Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

    Saat ini, Kemenparekraf berupaya menjadikan startup sebagai salah satu subsektor unggulan, meski kontribusi yang dihasilkan belum sebesar subsektor utama penyumbang pertumbuhan tertinggi, yaitu kuliner, fashion, dan kriya.

    "Dengan efek positif yang besar dalam mendorong subsektor ekonomi kreatif lainnya seperti film, musik, pengembangan aplikasi dan permainan, maka ini menjadi subsektor prioritas," ujar Wishnutama.

    Ditemui di lokasi yang sama, Senior Executive Vice President Corporate Transformation Office Bank Mandiri Pantro Pander Silitonga menyatakan dukungan terhadap komitmen Kemenparekraf memajukan startup di Indonesia. Bentuk dukungannya yaitu melalui bidang fintech.

    "Pada ajang IIF 2019, kami bersama Kemenparekraf akan mempertemukan para startup nasional dengan pemangku kepentingan dan investor yang nantinya dapat mengembangkan bisnis mereka," kata Pantro.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id