Bank Dapat Triliunan dari Pelonggaran GMW Minimum

    Eko Nordiansyah - 09 Juli 2019 19:31 WIB
    Bank Dapat Triliunan dari Pelonggaran GMW Minimum
    Direktur Utama BTN Maryono. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
    Jakarta: Perbankan mendapatkan berkah dari pelonggaran kebijakan Giro Wajib Minimum (GWM) Minimum oleh Bank Indonesia (BI). Setidaknya ada triliunan dana yang masuk ke perbankan dengan ketentuan bank sentral yang berlaku pada 1 Juli 2019 tersebut.

    Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Maryono menyebutkan setidaknya ada potensi dana Rp1,5 triliun yang masuk dengan pelonggaran GWM Minimum. Dirinya berharap kebijakan ini akan menggeliatkan perekonomian.

    "Itu sangat berpengaruh sekali ya, Rp1 triliun sampai Rp1,5 triliun. GWM turun, suku bunga turun ekonomi akan menggeliat," kata Maryono ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.

    Dirinya menambahkan saat ini bank sentral berpeluang menurunkan suku bunga acuan. Apalagi suku bunga BI 7-day reverse repo rate berada di level enam persen sejak November 2018.

    "Ya saya pikir kondisinya sudah kondusif, kemudian situasi likuiditas membaik kalau itu bisa diturunkan lebih bagus. Penurunan tetap bertahap, sesuai dengan BI biasanya 0,25 persen," jelas dia.

    Selain BTN, PT Bank CIMB Niaga Tbk juga mengaku bakal kecipratan dana segar dari pelonggaran GWM Minimum. Ada sekitar Rp1 triliun dana yang bisa dimanfaatkan oleh CIMB untuk mendukung kinerja kredit perbankan tahun ini.

    "Lumayan lah, kan ada penurunan lah. memang enggak signifikan banget. Hampir Rp1 triliun (dana yang bisa masuk)," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan.

    BI sebelumnya memutuskan untuk menurunkan GWM rupiah sebesar 50 basis poin (bps) untuk bank umum konvensional dan bank umum syariah/unit usaha syariah. Hal tersebut untuk menambah likuiditas perbankan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id