RI Jajaki Bikin Mobil Terbang Bareng Investor Korea Selatan

    Eko Nordiansyah - 28 November 2019 19:29 WIB
    RI Jajaki Bikin Mobil Terbang Bareng Investor Korea Selatan
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah menjajaki pembuatan mobil terbang dengan investor asal Korea Selatan. Menurutnya, pengembangan industri otomotif memiliki potensi yang cukup besar.

    "Mengenai private air vehicle atau autonomous vehicle tapi basisnya terbang. Bukan lagi di darat karena bagi indonesia yang model terbang itu bisa jadi prototype," kata dia di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 28 November 2019.

    Dirinya menambahkan saat ini di Eropa sudah banyak yang memanfaatkan drone sebagai alat transportasi. Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga pengembangan private air vehicle bersama dengan Hyundai sangat memungkinkan.

    Saat ini, sejumlah perusahaan otomotif memang menjanjikan investasi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, berniat untuk investasi di Indonesia mencapai lebih dari USD1,5 miliar atau setara Rp21 triliun.

    "Nah tentu ini dibarapkan dengan masuknya investasi Hyundai dan banyak industri otomotif lain, seperti Toyota sudah komit untuk electric vehicle USD2 miliar di 2022. Kemudian Hyundai juga akan siapkan di 2022," ungkapnya.

    Hyundai akan memulai pembangunan pabrik pada Januari 2020 setelah adanya penanadatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan pemerintah Indonesia. Ini akan menjadi pusat manufaktur pertama yang berbasis di kawasan ASEAN.

    Menurut keterangan resmi Hyundai, pabrik ini akan memulai produksi komersial paruh kedua 2021, dengan kapasitas tahunan sekitar 150 ribu unit. Pabrik ini nantinya pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250 ribu kendaraan setiap tahunnya.

    Pabrikan asal Korea Selatan ini berencana untuk memproduksi SUV kompak, MPV kompak, dan model sedan. Selain itu, merek ini juga menjajaki produksi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) kelas dunia di pabriknya di Indonesia.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id