KKP Bantah Impor 2.000 Ton Cumi dari Tiongkok

    Desi Angriani - 14 Januari 2020 15:02 WIB
    KKP Bantah Impor 2.000 Ton Cumi dari Tiongkok
    Ilustrasi. Foto: Antara/ Iggoy el Fitra
    Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membantah melakukan impor cumi sebanyak 2.000 ton per tahun dari Tiongkok. Sebaliknya, Indonesia justru mengekspor aneka jenis cumi, sotong, dan gurita dengan nilai USD200 juta.

    Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Agus Suherman mengatakan dalam perdagangan produk perikanan dengan Tiongkok, Indonesia selalu mengalami surplus perdagangan.

    Hingga November 2019, surplus perdagangan Indonesia dengan Tiongkok meningkat  menjadi USD641 juta. Ekspor utama Indonesia ke negara tirai bambu itu antara lain. Rumput laut USD209 juta, cumi-cumi, sotong dan gurita sebesar USD200 juta dan udang mencapai USD49 juta.

    "Ketiga komoditas tersebut berkontribusi sebesar 63 persen dari total ekspor ke Tiongkok," katanya saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

    Agus menjelaskan Indonesia tidak pernah mengimpor cumi dari Tiongkok. Selama ini RI hanya melakukan impor makarel senilai USD34 juta dan tepung ikan sebesar USD16 juta. Impor kedua produk tersebut mencapai 59 persen dari total impor dari Tiongkok.

    "Pada umumnya impor tersebut digunakan untuk re-ekspor dan  sebagai input produksi budidaya," terangnya.

    Lebih lanjut, ekspor RI ke Tiongkok untuk produk perikanan tercatat meningkat setiap tahun. Hal ini terbukti dari surplus neraca perdagangan ke Tiongkok yang mencapai USD581 juta di 2018.

    "Impor Indonesia dari Tiongkok, pada 2018 sebesar  USD95 juta, sedangkan impor sampai dengan November 2019 mencapai USD85 juta," pungkas dia.

    Sementara itu, data Trademap menunjukkan impor berbagai macam jenis komoditas perikanan RI dari Tiongkok mencapai USD71,6 juta atau setara dengan Rp1 triliun.

    Indonesia disebut mengimpor berbagai macam hasil perikanan dari Tiongkok mulai dari ikan hidup, ikan beku, ikan segar, crustacean, moluska, hingga ikan yang sudah diolah dengan angka 59 ribu ton per tahun.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id