Mentan SYL Apresiasi Bunga KUR Turun Jadi 6%

    Nia Deviyana - 12 November 2019 21:37 WIB
    Mentan SYL Apresiasi Bunga KUR Turun Jadi 6%
    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto : Kementan.
    Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi upaya pemerintah dalam menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi enam persen pada 2020. Sebelumnya, bunga KUR berada di angka tujuh persen.

    "Itu sudah sangat rendah (bunga KUR). Turun dari tujuh persen ke enam persen banyak itu," kata Syahrul kepada Medcom.id, saat ditemui di Gedung Metro TV, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

    Syahrul melanjutkan, sejauh ini akses petani untuk mengakses KUR masih terbatas. Padahal, jika tersalurkan dengan baik kepada petani, Syahrul optimis bisa meningkatkan produksi pertanian.  Dia bilang pendampingan kepada petani harus lebih diintensifkan ke depannya.
     
    "Karena kalau kita lihat tengkulak dan rentenir-rentenir itu jauh lebih aktif pendekatan ke petani," imbuhnya.

    Syahrul mengatakan telah meminta kepada Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk mengalokasikan dana KUR Rp50 triliun dari total plafon KUR Rp190 triliun.

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penurunan suku bunga KUR menjadi enam persen akan memperbanyak jumlah UMKM yang mendapatkan akses pembiayaan di sektor formal dengan suku bunga rendah.

    Adapun total plafon KUR ditingkatkan dari Rp140 triliun menjadi Rp190 triliun, dan akan terus meningkat secara bertahap hingga Rp325 triliun pada 2024. Plafon maksimum KUR Mikro juga dilipatgandakan, dari semula Rp25 juta menjadi Rp50 juta per debitur.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id