Suntikan Modal Pemerintah Satu-Satunya Jalan Selamatkan Jiwasraya

    Eko Nordiansyah - 28 Januari 2020 21:16 WIB
    Suntikan Modal Pemerintah Satu-Satunya Jalan Selamatkan Jiwasraya
    Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Dewan Asosiasi Asuransi Indonesia (DAI) menilai suntikan modal pemerintah menjadi satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Apalagi pemerintah merupakan pemegang saham pengendali dari perusahaan asuransi pelat merah tersebut.

    Ketua Umum DAI Dadang Sukresna mengatakan masalah gagal bayar Jiwasraya harus diselesaikan dengan menyediakan dana segar untuk mengembalikan uang nasabah. Menurutnya pemerintah harus bertanggung jawab untuk mencari solusi yang pas.

    "Kalau solusi tidak ada, kita tidak punya solusi. Solusi duit. Kalau saya sebagai perusahaan swasta, saya rugi, pemegang saham pengendali sudah pasti dipanggil oleh OJK. Tambah modal, gitu," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.

    Dadang menyerahkan kepada pemerintah bagaimana caranya agar Jiwasraya kembali bisa sehat. Meskipun pemerintah telah menegaskan tidak akan menyuntikan dana menggunakan uang negara kepada Jiwasraya secara langsung.

    "Ya pemegang saham pengendali, harus menambahkan modal. Itu terserah pemerintah (mencari cara untuk menyuntikkan modal)," jelas dia.

    Dirinya menambahkan pemerintah harus benar-benar memastikan suntikan modal cukup untuk kembali menyehatkan Jiwasraya. Apakah melalui holding perusahaan BUMN asuransi atau kerja sama oleh PT Jiwasraya Putra selaku anak usaha Jiwasraya.

    "Makanya, semua langkahnya itu seperti apa? Holding jadi, harus apa lagi. Anak usaha jadi harus apa lagi? Itu harus bisa diyakinkan kepada pemegang saham. Main problemnya adalah dana. Bahwa nanti lewat holding, anak usaha, pokoknya itu dananya," pungkasnya.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id