OJK Canangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung

    Angga Bratadharma - 21 Oktober 2019 07:15 WIB
    OJK Canangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung
    Suasana saat OJK meluncurkan program Sinergi Aksi Indonesia Menabung. FOTO: OJK
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program Sinergi Aksi Indonesia Menabung sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2019 yang pelaksanaannya digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Adapun program ini diharapkan memberi efek positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    Sinergi Aksi Menabung merupakan salah satu implementasi dari diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus. Sinergi aksi ini melibatkan OJK, BI, LPS dan lembaga jasa keuangan dalam meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi.

    Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan Sinergi Aksi Indonesia Menabung bertujuan untuk mewujudkan kepemilikan rekening oleh seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai program telah dimulai seperti kepemilikan rekening oleh seluruh pelajar, atau 'One Student, One Account'.

    "Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan diharapkan mampu mendorong keterbukaan akses keuangan bagi masyarakat. Masyarakat secara terbuka dapat memperoleh informasi terkait produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan produk keuangan yang dibutuhkan seperti untuk menabung ini," kata Tirta, seperti dikutip dari keterangannya, Senin, 21 Oktober 2019.

    Kegiatan ini dihadiri oleh para Anggota Dewan Komisioner OJK, Anggota Dewan Komisioner LPS, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, para pimpinan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan instansi terkait lainnya.

    Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan akan menjadi agenda nasional dan dilakukan secara secara berkesinambungan setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif khususnya dalam pemenuhan dan perluasan akses keuangan bagi masyarakat serta pencapaian tingkat inklusi keuangan d Indonesia.

    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), terutama dalam mendorong pencapaian tingkat Inklusi Keuangan di Indonesia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id