RI Pamer Lima Industri 4.0 di Jerman

    Eko Nordiansyah - 21 September 2019 09:04 WIB
    RI Pamer Lima Industri 4.0 di  Jerman
    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
    Jakarta: Kementerian Perindustrian akan memamerkan lima industri unggulan dalam pameran teknologi industri, Hannover Messe 2020, di Jerman. 

    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan kelima industri tersebut di antaranya industri otomotif, elektronik, tekstil, kimia, makanan dan minuman yang telah berbasis 4.0 akan menjadi andalan Indonesia di ajang tersebut.

    "Jadi nanti ada kendaraan berbasis listrik, light house proyek percontohan yang sudah diakui di world economic forum, sudah ada dua yaitu schneider electric dan petrocy," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 20 September 2019.

    Berbagai teknologi yang sudah dikembangkan di Indonesia diharapkan menarik minat investor. Apalagi pemerintah sedang mendorong pengembangan mobil listrik secara nasional, di samping mobil nasional Esemka. 

    "Ya nanti ada beberapa teknologi berbasis listrik, seperti Gesit, itu akan kami bawa, kemudian teknologi baterainya, ini kerja sama dengan Panasonic. Esemka kan belum produksi, jadi ditingkatkan dulu (produksinya)," jelas dia.

    Indonesia akan menjadi negara mitra dalam ajang pameran di Jerman tersebut. Indonesia menjadi negara Asean pertama yang ditunjuk menjadi tuan rumah sehingga akan mendapatkan tempat prioritas dalam pameran itu.

    Pemerintah akan membentuk kepanitian nasional untuk kesuksesan ajang Hannover Messe 2020. Menko Perekonomian Darmin Nasution akan menjadi ketua sekaligus pengarah dengan Kementerian Perindustrian sebagai wakilnya, dan perwakilan dari kementerian lain.

    "Tentu kita akan dorong, orientasinya untuk ekspor dan investasi, jadi nanti akan ada business summit dan akan ada seminar juga di sana. Ini karena Indonesia menjadi country partner, maka Indonesia berada pada center stage dari Hannover Messe itu sendiri," pungkasnya.

    Airlangga berharap keterlibatan Indonesia dalam ajang ini akan memperkuat kerja sama dengan Jerman. Khususnya di bidang vokasi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.




    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id