Pandemi Covid Belum Usai, Sri Mulyani Akui APBN Masih Dinamis

    Eko Nordiansyah - 14 September 2021 11:41 WIB
    Pandemi Covid Belum Usai, Sri Mulyani Akui APBN Masih Dinamis
    Menkeu Sri Mulyani Medcom Eko. Foto : Medcom.



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih bergerak dinamis meskipun tahun ini sudah memasuki September.  Hal ini tak lepas dari situasi pandemi covid-19 yang masih belum usai sehingga membutuhkan respons dari pemerintah.

    "Hari ini kita sudah memasuki bulan ke-9 tahun 2021, covid belum selesai. Dan oleh karena itu, 2021 bapak ibu sekalian kementerian/lembaga serta pemerintah daerah pimpinan-pimpinannya melihat juga bahwa APBN masih bergerak," kata dia dalam webinar, Selasa, 14 September 2021.

     



    Ia menyebut tahun ini saja sudah dilakukan empat kali refocusing anggaran sebagai respons pemerintah atas perkembangan covid-19 di Indonesia. Untuk itu, Sri Mulyani meminta penggunaan APBN 2021 bisa dilakukan secara responsif dan fleksibel namun tetap menjaga akuntabilitasnya.

    "Saya menyampaikan terima kasih kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang terus melakukan adjustment tanpa mengorbankan integritas dan tata kelola yang baik. Karena memang covid tidak bisa diprediksi, tapi kita bisa mengelolanya," ungkap dia.

    Sri Mulyani menambahkan pemerintah menggunakan ilmu pengetahuan serta masukan dari para ahli dalam mengambil kebijakan. Tak hanya itu, pemerintah juga belajar dari pengalaman negara lain, meskipun tidak ada satu negara yang dianggap sudah berhasil menangani pandemi ini.

    "Kita juga melihat dari berbagai pengalaman banyak negara, tidak ada satu skenario yang sifatnya straight forward, lurus, simpel, dan gampang tidak ada. Semuanya harus melakukan rekalibrasi. Oleh karena itu saya berterima kasih kepada bapak ibu sekalian yang akan terus menjaga keuangan negara untuk menghadapi situasi yang terus akan berubah," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id