Tak Ada Tambahan Anggaran Bansos Meski Ada Pengetatan PSBB

    Eko Nordiansyah - 15 September 2020 17:27 WIB
    Tak Ada Tambahan Anggaran Bansos Meski Ada Pengetatan PSBB
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan tidak akan ada tambahan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) tahun ini. Foto: Antara/Aprilio Akbar
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan tidak akan ada tambahan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) tahun ini. Hal ini dilakukan meski ada pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di DKI Jakarta.

    "Jadi bansos kita kan masih semua mencakup sampai Desember sehingga dalam hal ini belum akan tambah kecuali yang ditetapkan Presiden," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 15 September 2020.

    Menurutnya, saat ini pemerintah sudah menambah beberapa program bansos seperti bantuan presiden produktif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan subsidi gaji bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta.

    "Bantuan produktif untuk 15 juta UMKM, bantuan untuk tambahan gaji di bawah Rp5 juta untuk peserta BP Jamsostek. Sedangkan PKH, sembako, bantuan tunai, bansos Jabodetabek sudah dan bansos non-Jabodetabek sudah mencakup sampai Desember," jelas dia.

    Hingga 2 September 2020, realisasi anggaran untuk perlindungan sosial dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah Rp128,05 triliun. Realisasi ini setara dengan 62,8 persen dari pagu Rp203,91 triliun.

    Sri Mulyani menambahkan bansos baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sudah mengalami kenaikan yang cukup besar. Fokusnya saat ini adalah bagaimana bantuan tersebut dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

    "Kenaikan dari dukungan belanja sosial itu sudah cukup mencakup keseluruhan yang selama ini sudah disampaikan kalau kita lihat tentu sekarang fokus bagaimana masyarakat bisa mendapatkan yang betul-betul membutuhkan dapat bansos," pungkasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id